Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pemerintah Harus Prioritaskan Vaksin Merah Putih

1 min read

ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY KESEHATAN-Pemerintah diharapkan dapat mencari alternatif lain yang dapat dilakukan dalam proses vaksinasi covid-19.  Salah satu caranya, yakni dengan ikut memanfaatkan vaksin buatan dalam negeri.

Menurut Wakil Ketua MPR RI, Syarif Hasan, vaksin merah putih seharusnya bisa dijadikan prioritas oleh pemerintah.

“Saya merekomendasikan  agar vaksin merah putih yang diproduksi oleh kementerian riset teknologi. Ini saya pikir harus mendapatkan prioritas perhatian dari pemerintah,” kata dia dalam diskusi bertema ‘Harapan dan Optimisme Vaksin Covid-19 Untuk keselamatan Rakyat’ di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (25/11).

Baca:   Tiga Juta Vaksin Sinovac Masuk Indonesia Akhir 2020 Mendatang

Bukan tanpa alasan, menurut dia, harga vaksin merah putih tidak semahal vaksin buatan China.

“Mungkin selama masa transisi vaksin merah putih belum bisa mensuplay kebutuhan rakyat, ya bisa saja yang kita pakai buatan China,” terang Syarif.

“Tetapi setelah itu, kalau bisa vaksin merah putih sudah bisa kita pakai kalau memenuhi persyaratan atau pun bisa memenuhi kebutuhan masyarakat kita. Saya pikir kita harus mendahulukan vaksin merah putih,” sambung politisi Partai Demokrat ini.

Indonesia mengembangkan vaksin Merah Putih dengan beberapa institusi seperti Lembaga Eijkman dan beberapa Universitas, termasuk LIPI dengan platform yang berbeda-beda dengan target produksi di tahun 2021.

Kemungkinan, laporan soal vaksin merah putih akan diberikan di awal 2021. (*)

 

(sam/sib)

BACA JUGA:  DPR Minta Pemerintah Patuhi Prosedur Sebelum Edarkan Vaksin Sinovac

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *