Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Babinsa Pantau Pelaksanaan Rapid Tes Petugas PANWASLU Sungai Bengkal

2 min read

JAMBIDAILY – Menurut Peraturan Kepala Staf TNI AD Nomor 19/IV/2008 tertanggal 8 April 2008, seorang Bintara Pembina Desa berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya, yaitu komandan Komando Rayon Militer.

Secara pokok, tugas-tugas mereka meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya. Hal ini meliputi banyak sekali aspek, yaitu aspek SDM, SDA, sarana-prasarana dan infrastruktur di wilayah binaannya.

Contoh aplikasinya pada saat bencana alam terjadi di satu wilayah, maka Babinsa ini menjadi ujung tombak informasi awal operasi militer selain perang berupa operasi kemanusiaan TNI AD atau gabungan.

Seperti yang di lakukan oleh Serma Tartonadi Babinsa Sungai Bengkal anggota Koramil Sungai Bengkal, Kodim 0416/Bute yang termasuk anggota Tim Pendisiplinan Pencegahan Covid-19 Kec.Tebo Ilir melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan memantau pelaksanaan rapit test yang dilakukan oleh 81 orang anggota Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Puskesmas Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo. Jumat (27/11/2020).

Menurut Serma Tirtonadi, Rapid test yang dilaksanakan tersebut merupakan kewajiban bagi pengawas Pemilu untuk semua tingkatan, karena Rapid test ini menjadi syarat mutlak dari Bawaslu pusat.

Di masa pandemi sekarang ini rapid test merupakan salah satu langkah upaya protokoler kesehatan, yang mana untuk memastikan para Panwas yang nantinya akan selalu di lapangan dalam kondisi yang sehat, fit dan pastinya tidak membawa bibit-bibit virus Covid-19.

“Dan siap mengawal semua rangkaian Pilkada Pilgub dan Wagub Provinsi Jambi tahun 2020,” tutur Serma Tartonadi.

Pastinya Kegiatan rapid test ini begitu penting untuk dilakukan guna memberikan perlindungan yang maksimal bagi Panwas Pemilu dari paparan Covid-19 dan memberikan hasil yang baik pada saat pelaksanaan Pilkada berlangsung panwas aman masyarakat nyaman.

BACA JUGA:  Lantamal V Peringati Hari Jadi Ke-71

“Saya tetap berharap para Panwas dalam melaksanakan tugas pengawasan tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan,” imbuh Babinsa. (**’/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *