Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dandim 0419/Tanjab Tutup Apel Danramil dan Babinsa TA. 2020

2 min read

JAMBIDAILY – Komandan Kodim 0419/Tanjab Letnan Kolonel Inf Erwan Susanto,S.I.P., menutup secara resmi kegiatan apel Danramil dan Babinsa tersebar TA. 2020 yang dilaksanakan di Aula Makodim 0419/Tanjab, Jalan Beringin, Kel. Patunas, Tungkal Ilir, Kab. Tanjab Barat, Jambi, Jum’at (27/11/2020).

“Pertama saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada penyelenggara yang sudah menjadikan acara ini berjalan lancar dan tertib” kata Dandim dalam sambutannya.

Dalam rangkaian kegiatan apel Danramil dan Babinsa tersebar Tahun 2020 ini para peserta banyak mendapatkan berbagai materi.

Materi itu berupa pembelajaran guna mendukung tugas pokok mereka untuk ke depannya. Tak hanya soal Pilkada peserta juga dibekali materi tentang perannya dalam menangani Covid-19 hingga pemulihan ekonomi.

“Harapan kami kepada para Danramil dan Babinsa jajaran kodim untuk mengaplikasikan semua pembelajaran yang diperoleh pada kegiatan ini untuk pelaksanaan kegiatan ke depannya seperti netralitas TNI dalam Pilkada serentak yang akan datang,” kata Dandim.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan sebagai upaya meningkatkan pembinaan teritorial (Binter) serta fungsi perekat hubungan antara TNI-AD dengan masyarakat serta komponen bangsa lainnya. Babinsa sebagai ujung tombak dan garda terdepan, adalah kunci dari satuan kewilayahan, sehingga harus bisa mengaplikasikan penerapan binter secara nyata dilapangan.

Kegiatan yang telah kita laksanakan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang aplikasi binter dan permasalahan sesuai tipologi wilayah yang menjadi tanggung jawabnya, guna mendukung tugas pokok TNI-AD. Serta, meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam mengaplikasikan hukum di lapangan, pembinaan satuan tingkat Koramil serta kemampuan menggunakan media sosial dengan baik dan benar, tambah Dandim.

Sebentar lagi Kabupaten Tanjab Barat dan Tanjab Timur yang turut menyelenggarakan Pilkada secara serentak, Dandim menekankan kepada seluruh anggota agar selalu menjaga netralitas TNI saat pemilihan Pilkada yang akan datang, “ Jaga netralitas TNI, pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI “, Tegasnya.

BACA JUGA:  Cegah Corona, Babinsa Bersama Relawan Desa Lubuk Sebontan Maksimalkan Posko Siaga Covid-19

Pandemi Covid-19 di Kabupaten Tanjab Barat belum berakhir, Dandim mengingatkan agar selalu menjaga kesehatan diri dan keluarga, serta agar selalu berkordinasi dengan instansi terkait untuk tetap menggelar sosialisasi serta operasi-operasi penegakan disiplin protocol kesehatan guna mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19, pungkasnya.

Kegiatan yang sudah berlangsung selama 3 hari ini dengan mengambil tema “ Danramil dan Babinsa siap mendukung tugas TNI-AD dalam penanganan Covid-19, pemulihan dan mensukseskan Pilkada serentak tahun 2020 “, tersebut berlangsung dengan menerapkan protocol kesehatan secara ketat, karena masih dalam masa Pandemi Covid-19.

Penutupan yang dipimpin Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erawn Susanto, S.I.P tersebut dihadiri Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, S.I.K., M.H dan dilanjutkan dengan Pemberian Hadiah Juara Umum kepada pemenang lomba kepada Koramil Nipah Panjang. (**/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *