Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Berkarya Masa di Pandemi, Disbudpar Prov Jambi Gelar Lomba Tari dan Lagu Daerah Secara Virtual

2 min read

Seremonial Pembukaan/Foto: Dok.Senda Jambi-Jambidaily.com

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi Gelar Lomba Tari dan Lagu Daerah Secara Virtual 1 s.d 2 Desember 2020 untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 dengan cara tidak dilaksanakan secara langsung.

“Kabupaten/kota, selama pandemi hampir tidak pernah dilaksanakan latihan dan pertunjukan, melalui kesempatan ini kita coba dorong kawan-kawan kabupaten/kota dikeadaan pandemi tetap beraktivitas dan berkarya, virtual dituntut tanpa keramaian. Kita menyadari di penghujung tahun kabupaten/kota tidak memiliki kekuatan dana mengirim peserta,” Ungkap Eri Argawan, Kasi Tradisi Disbudpar provinsi Jambi kepada jambidaily.com (Selasa, 01/12/2020).

Walaupun dalam pelaksanaan menemukan kendala-kendala teknis, menurut Eri Argawan ini adalah suatu kewajaran karena berlangsung secara langsung bukan lewat rekaman.

“Kendala keterbatasan komunikasi, pengaruh signal dan berbagai hal. Tertutama tenaga ahli masing kabupaten/kota. Ini kali pertama diadakan bahkan juri mengatakan lomba virtual yang sebenarnya dan secara langsung pertama di Indonesia, bisa dilihat peserta lain dan diamati juri. Terpenting patuh protokol kesehatan (Prokes) dalam menjalankan 3M; Menjaga jarak, Mencuci Tangan, dan Memakai Masker” Jelas Eri Argawan.

“Kebanyakan juga terlihat masih belum mengenal tertib panggung virtual, misalkan lalu lalang depan kamera, kemudian sudah seharusnya dimulai namun masih terlihat menunggu. Akhirnya diarahkan langsung dan dibimbing via telepon,” Tandasnya.

Lomba secara resmi dibuka oleh Ketua Tim DEKRNASDA Provinsi Jambi di Gedung Arena Taman Budaya Jambi, kawasan Sungaikambang, Kecamatan Telanaipura Kota Jambi (Selasa, 01/12/2020) menghadirkan dewan juri tari Darwan Asri (Jambi), Puput Astagina (Jakarta), Uswan Hasan. Lalu lagu daerah yaitu Armen Swendi (Jakarta), Endang Supriyadi dan Wiro A Sani

Sementara itu Plt Kepala Disbudpar Provinsi Jambi, melalui Nyimas Kholidah SE, Kabid Pengembangan Nilai Budaya dan Seni, dalam kata sambutannya (Selasa, 01/12/2020) Pelaksanaan Tari dan Lagu Daerah Jambi dan Lomba Film Pendek Tutorial Aktivitas berkesenian diharapkan menjadi momentum

BACA JUGA:  Masuk 3 Besar LIDA 2020, Hary Putra Menarik Perhatian CE - Ratu

“Momentum bagi kita semua untuk mengenal dan mencintai budaya tradisi asli Jambi yang masih eksis di lingkungan sekitar kita. Sekaligus menjadi upaya kita untuk melestarikannya,” Terangnya

“Tari dan Lagu Daerah Jambi dan Lomba Film Pendek Tutorial Aktivitas berkesenian dilaksanakan melalui Program Pengelolaan Keragaman Budaya, khususnya Kegiatan Fasilitasi Penyelenggaraan Festival Budaya dengan sumber dana DID Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Tahun 2020,” Tandas Kholidah.

 

 

(Hendry Noesae)

 

 

Berita Terkait:
Disbudpar Provinsi Jambi Gelar Lomba Film Pendek, Tari dan Lagu Daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *