Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Suci Harapkan Generasi Muda Kembangkan Seni Tari dan Lagu Daerah Jambi

2 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Penjabat sementara (Pjs) Ketua Dekranasda Provinsi Jambi dr.Suci Romadhona,M.Si.Med,SpA mengharapkan generasi muda terus belajar dan mengembangkan Seni Tari dan Lagu Daerah. Hal ini disampaikannya saat membuka Festival Tari dan Lagu Daerah Jambi Tahun 2020 dan Film Pendek Tutorial Covid-19 Dalam Berkesenian Secara Virtual di Taman Budaya Jambi, Selasa (1/12/20).

Kondisi pandemi Covid-19 saat ini telah banyak mengubah pola perilaku kehidupan sehari-hari maupun pola berkegiatan, hal tersebut tidak menyurutkan semangat untuk terus beraktivitas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan hingga festival tari 1-2 Desember 2020 dilaksanakan secara virtual. “Event ini memiliki arti dan makna yang sangat strategis dalam konteks pengembangan dan pelestarian seni tari dan lagu daerah khususnya bagi kalangan generasi muda penerus bangsa,” ungkap Suci.

Provinsi Jambi memiliki warisan seni leluhur yang beragam berupa seni tari dan lagu daerah yang diharapkan kepada para peserta festival tari dan lagu daerah untuk dapat memperdalam wawasan seni budaya daerah Provinsi Jambi. “Melestarikan kebudayaan Jambi khususnya tari dan lagu daerah kepada para peserta dan generasi muda untuk terus belajar juga mempromosikan seni tari dan lagu daerah tingkat nasional maupun internasional,” harap dr.Suci.

Suci mengemukakan, memperkenalkan seni tari dan lagu daerah Provinsi Jambi di tingkat nasional maupun di tingkat internasional akan diupayakan Dekranasda Provinsi Jambi bersinergi dengan pemerintah serta pihak swasta dalam mendukung kegiatan seni tari dan lagu daerah Provinsi Jambi serta berharap agar kegiatan ini bermanfaat bagi peserta dan masyarakat di Provinsi Jambi.

Lomba Film Pendek Tutorial Covid-19 Dalam Berkesenian Secara Virtual telah dilaksanakan pada tanggal 30 November 2020, ada 55 karya diikuti dari 7 Kabupaten di Provinsi Jambi dengan kriteria yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara. Panitia memberikan hadiah berupa piala, piagam, dan uang tunai.

BACA JUGA:  Beberapa Titik Lalu Lintas 'Ditutup' saat Malam Tahun Baru di Kota Jambi

Para pemenang dalam Festival Tari dan Lagu Daerah Jambi Tahun 2020 dan Film Pendek Tutorial Covid-19 Dalam Berkesenian Secara Virtual adalah:

Juara I  dengan judul Aku dan Pandemi
Juara II berjudul Sadar Kedisiplinan Protokol Kesehatan
Juara III dengan judul Rentak Besapeh
Harapan I  dari Dinar Production
Harapan II  dengan judul Rindu Penari
Harapan III berjudul Musik Tradisi Dalam Covid-19

Sanggar Sekintang Dayo mempersembahkan tarian yang diiringi musik khas Jambi pada pembukaan acara tersebut.

Acara juga dihadiri Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj.Iin Kurniasih Sudirman, para tamu, dan undangan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. (Raihan/edit: Mustar, Foto:Mulyadi, video: Ardi/Humas Pemprov Jambi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *