Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Ardy Daud: Provinsi Jambi Siap Sukseskan Pilkada 2020

3 min read

JAMBIDAILY POLITIK – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc menegaskan bahwa Provinsi Jambi siap menyukseskan Pilkada 2020. Hal itu disampaikannya usai melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Forkopimda bersama para bupati/wali kota secara virtual dalam rangka Persiapan Daerah Dalam Melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020, di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (2/12/2020).

Ardy Daud mengatakan, berdasarkan hasil tinjauannya di kabupaten dan kota, dan laporan para bupati/wali kota se Provinsi Jambi, PemPROV Jambi bersama Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota serta pemangku kepentingan di Provinsi Jambi sudah siap melaksakan dan menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Ardy Daud menyatakan, rakor ini untuk menindaklanjuti hasil rapat secara virtual yang dipimpinpin Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia Mahfud. MD pada Senin 23/11, yang meminta Pemerintah Daerah untuk mengkoordinasikan persiapan pelaksanaan penyelenggaraan Pilkada di masing-masing wilayahnya.

Ardy Daud minta para penyelenggara pemilu seperti Ketua KPU Provinsi Jambi dan Bawaslu, menjelaskan berbagai hal yang baru dalam penyelenggaraan Pilkada tahun 2020, guna memperoleh persepsi yang sama dalam tata laksana prosedur yang harus dilakukan, baik bagi penyelenggara sendiri maupun unsur pendukung pengamanan yang nanti ikut serta mendukung suksesnya Pilkada, sesuai dengan tugas dan fungsi masing masing.

“Kita harapkan tetap berjalan secara demokratis, luber, judil, tapi yang paling penting tetap aman Covid-19, ada dua hal yang menjadi penekanan, bahwa pilkada 2020 ini harus semakin berkualitas dan juga aman Covid-19, sehingga aspek kesehatan, aspek keselamatan petugas, peserta, dan juga tentu saja pemilih harus menjadi prioritas. Penerapan protokol kesehatan harus betul-betul menjadi sebuah kebiasaan baru dalam setiap tahapan Pilkada, sehingga nantinya tidak menimbulkan klaster baru atau gelombang baru Covid-19 yang kontraproduktif,” tegas Ardy Daud.

BACA JUGA:  Abdullah Sani Tutup Debat dengan Seloko dan Doa

Selain itu, Ardy Daud mengucapkan terima kasihnya kepada bupati/wali kota yang telah menjaga aspek stabilitas wilayah masing masing dalam masa pelaksanaan kampanye. “Provinsi Jambi dimasukkan cakupan wilayah kondusif, dalam konteks ini memang ada beberapa pelanggaran, dalam aspek administrasi di lapangan atau tertulis, dalam pelaksanaan ada yang menonjol, tetapi pemerintah daerah bersama Forkopimda sudah melaksanakan yang terbaik, sehingga gesekan horizontal di lapangan bisa ditangani dengan baik,” ungkapan Ardy Daud.

“Berdasarkan laporan dari semua bupati/wali kota, semuanya sudah siap menyukseskan dan menjalankan Pilkada secara serentak. ”Kesiapan kita dari jajaran pemerintah sudah komit, dan tidak ada lagi yang diragukan untuk pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020,” kata Ardy Daud.

Terkait bencana, terang Ardy Daud, Pemperov Jambi dan Pemkab/Pemkot sudah menyiapkan segala sesuatunya. ”Kita sudah minta setiap daerah kabupaten/kota mewanti-wanti jika terjadi bencana yang dapat mengancam atau tergaggunya pemungutan suara, juga kita sudah mewanti-wanti PLN jangan sampai mati listrik pada saat dibutuhkan,” tutur Ardy Dud.

Ketua KPU Provinsi Jambi Subhan menjelaskan tahapan Pilkada dan mengimbau masyarakat untuk datang ke TPS menyalurkan hak pilih sesuai dengan hati Nurani. “Jangan ragu, semua petugas TPS sudah di-rapid test, sebelum pelaksanaan Pilkada, paginya lokasi TPS harus  dsterilkan dengan penyemprotan disinfektan, petugas TPS harus menyediakan tempat cuci tangan, serta harus memakai masker.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi dan Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol. Imam Setiawan juga memberikan paparan tentang kesiapan menyukseskan Pilkada

Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI, Zulkifli menyampaikan, TNI menyiapkan 1.400 prajurit unntuk membantu pengamanan PIlkada 2020, yang tersebar di semua kabupaten/kota se Provinsi Jambi, dimana ada beberapa lokasi yang menjadi prioritas. (Sapra Wintani/edit: Mustar, foto: Mulyadi, video Ardy/Humas pemprov Jambi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *