Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Danramil dan Babinsa Kodim 0415 Batanghari Siap Mendukung Tugas TNI AD Dalam Penanganan Covid-19

3 min read

JAMBIDAILY – Kodim 0415/Batanghari menyelenggarakan kegiatan Apel Danramil dan Babinsa tersebar TA. 2020 dengan tema “Danramil dan Babinsa Siap Mendukung Tugas TNI AD Dalam Penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi, dan Mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020,” kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yang diikuti seluruh Danramil dan Babinsa bertempat di Makodim 0415/Batanghari, Jalan Untung Suropati, Jelutung, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi, Rabu (02/12/2020).

Dalam sambutannya Komandan Kodim  0415/Batanghari Kolonel Inf J. Hadiyanto mengatakan, salah satu kegiatan Binter adalah kemanunggalan TNI dan rakyat. Kegiatan Binter yang telah dilaksanakan secara umum telah dapat mempererat dan menyatukan hubungan/komunikasi antara TNI dengan masyarakat beserta komponen bangsa lainnya.

“Diharapkan, melalui berbagai kegiatan Binter yang dilakukan TNI AD dapat mengeliminir permasalahan-permasalahan yang timbul di masyarakat, sehingga tercipta kondisi wilayah yang kondusif bagi berlangsungnya pembangunan,” ujarnya.

Selain itu, Dandim juga berharap, melalui kegiatan Binter juga dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, rasa cinta tanah air, serta semangat bela negara dan masyarakat.

“Oleh karenanya, Koramil dan Babinsa sebagai ujung tombak atau unsur terdepan pelaksana Binter yang diharapkan tidak hanya bisa mempertahankan, tetapi juga harus lebih meningkatkan kinerja dan kredibilitasnya dalam melaksanakan Binter di wilayah binaan masing-masing,” ujarnya.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA.2020 ini adalah untuk menyamakan persepsi, pola pikir, aplikasi, evaluasi, dan tindakan para Danramil dan Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD dalam melaksanakan kebijakan pimpinan. “Dalam menyikapi permasalahan-permasalahan Binter di wilayah untuk mendukung tercapainya tugas pokok TNI AD,” katanya.

Dandim menyebutkan, kegiatan ini merupakan kegiatan program satuan yang rutin dilaksanakan setiap tahun sesuai petunjuk komando atas, Saya berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan penuh kesungguhan, disiplin, dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

BACA JUGA:  Babinsa Pulau Temiang Bagikan Masker dan Sosialisasi Prokes Bagi Pengguna Jalan

Menurut Dandim, yang menjadi sasaran kegiatan apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA 2020 diantaranya meningkatnya kesiapan satuan dalam menghadapi permasalahan sosial sesuai tipologi wilayah yang menjadi tanggung jawabnya guna mendukung TNI AD di masa yang akan datang.

Selanjutnya, terwujudnya penguatan nilai dasar dan karakter Danramil dan Babinsa sebagai ujung tombak pembinaan teritorial di wilayah dalam rangka menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan aspek darat. Meningkatnya wawasan Danramil dan Babinsa tentang berbentuk ancaman Konflik sosial radikalisme yang aktual baik nasional maupun internasional, sehingga lebih tepat dan kreatif dalam mengaplikasikan Binter dalam mengatasi masalah.

Kemudian, lanjut Dandim, meningkatnya kemampuan dasar aparat komando kewilayahan dalam mencegah dan mendeteksi kemunculan suatu ancaman dengan pembinaan teritorial yang serentak, bersama-sama, dan terkoordinasi, tercapainya koordinasi dan keterpaduan guna meningkatkan sinergitas dengan instansi terkait dalam menyelenggarakan pembinaan teritorialdi wilayah guna tercapainya tugas pokok Satkowil.

“Dan meningkatnya kemanunggalan TNI-Rakyat oleh aparat Kowil sebagai motivator dan penggerak kesejahteraan rakyat, guna mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Dandim berharap, melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0415/Batanghari, sehingga dapat menjadi aparat teritorial yang lebih profesional dan mampu memberikan kontribusi yang baik kepada satuan serta memberikan citra yang positif terhadap masyarakat.

“Mudah-mudahan upaya kita bersama ini bisa memberikan perubahan yang berarti bagi peningkatan kualitas aparat teritorial ke arah yang lebih baik. Saya tekankan jaga kondusifitas dan keamanan di wilayah binaan masing-masing. Tunjukan bahwa TNI AD ada untuk Rakyat,” ujarnya.

Dandim juga mengingatkan seluruh prajurit Kodim 0415/Batanghari untuk selalu menjaga kesehatan dan mengikuti disiplin protokol kesehatan dalam menjalankan tugas percepatan penanganan pencegahan covid-19.

“Karena memang dari berangkat dari disipilin pribadi itulah yang nantinya bisa menjadikan kekuatan besar. Kalau kita tidak disiplin bagaimana kita bisa memutus sakit ( covid-19 ) itu,” tambahnya.

BACA JUGA:  Seskoad Berbagi Dengan Sesama di Tengah Pandemi Covid -19

Lanjut Dandim mengatakan bahwa wabah pandemi covid-19 merupakan suatu tanggung jawab bersama dalam memutus rantai penyebaran covid-19 dan ajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, pungkasnya.

Sementara itu, Pasiter Kodim Mayor Inf Beni selaku koordinator pelaksanaan menjelaskan bahwa Apel Danramil dan Babinsa akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan. Berbagai materi akan diberikan kepada para peserta, termasuk studi Kasus penangan Covid-19 di Kota Jambi.

“Pada kegiatan ini, kita akan memberikan sejumlah materi yang berhubungan dengan tugas Babinsa,” ujarnya.

“Selain itu, kita akan melakukan diskusi seperti studi kasus tentang langkah-langkah penanganan Covid-19 di wilayah Kodim 0415/Batanghari,” jelas Beni. (**/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *