Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Walau Pandemi, TBJ Produktif Gelar Berbagai Kegiatan Seni dalam Aturan Prokes

2 min read

Didin Sirojudin S.Sn, Kepala Taman Budaya Jambi/Foto: Hendry Noesae-Jambidailt.com

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi melalui UPTD Taman Budaya Jambi (TBJ) hadirkan peneliti sastra dan tokoh pers Jambi dalam Workshop Sastra (Rabu, 03/12/2020) di Gedung Teater Arena, TBJ Jalan Sei Arbai I kawasan Sungaikambang, Telanaipura Kota Jambi.

Sebelumnya kegiatan seni, yaitu: pameran seni rupa, festival tari, musik, lagu daerah, teater dan berbagai workshop untuk se-provinsi bahkan se-sumatera terlaksana selama pandemi covid-19. Walaupun ada beberapa agenda yang harus bergeser jadwal karena mengikuti kondisi terkini, sesuai aturan satuan tugas covid-19 di provinsi Jambi.

“Berbagai kegiatan atau agenda seni kami laksanakan dengan berbagai ketentuan serta aturan dari satuan tugas covid-19. Sebelum adanya tatanan kehidupan baru atau new normal covid-19 semua kegiatan kami tunda, setelah ada new normal kami laksanakan dengan protokol kesehatan ketat. Terpenting patuh Prokes dalam menjalankan 3M; Menjaga jarak, Mencuci Tangan, dan Memakai Masker,” Jelas Didin Sirojudin S.Sn, Kepala Taman Budaya Jambi.

Kata Didin, dalam kata sambutannya saat membuka workshop sastra (Rabu, 03/12/2020), berbagai program terlaksana demi menjaga produktifitas dan kreativitas seniman di Jambi dengan tidak mengesampingkan protokol kesehatan (prokes).

“Berbagai program terlaksana demi menjaga produktifitas dan kreativitas seniman di Jambi. Workshop kali ini kami harapkan lahirnya penulis-penulis handal yang memiliki kemampuan mengkritik, terutama bagi wartawan di Jambi. Biar kedepannya nuansa berkesenian kita lebih berwarna dan hidup,” Ujarnya.

“Tidak hanya sastra saja, tentunya semua kegiatan dan peristiwa seni yang terlaksana dapat dibaca serta dipahami bagi masyarakat luas walaupun tak hadir menyaksikan secara langsung,” Tandas Didin.

Workshop sastra, berlangsung dua hari yaitu 3 dan 4 Desember 2020, di hari pertama menghadirkan narasumber Ricky A Manik (Cerpenis, Penulis dan Peneliti di kantor bahasa provinsi Jambi); H Mursyid Sonsang (Mantan Ketua PWI Dua Periode, Ketua Ikatan Alumni Lemhannas (IKAL) Provinsi Jambi, Pendiri SMSI, Pendiri dan Dewan Pembina JMSI).

BACA JUGA:  Yanti Mati, di Usia 38 Tahun Diduga Mengalami Tetanus

Sementara itu di hari kedua, besok Jum’at (04/12/2020) Hadir selaku narasumber yaitu Dr. Ipit Saefidier Dimyati (Dosen Pengajar Institut Seni dan Budaya Indonesia/ISBI Bandung).

Tampak Peserta workshop, 50 persen berasal dari wartawan atau insan pers, sedangkan lainnya berasal dari penggiat sastra, penulis, mahasiswa, dan umum.

 

 

(Hendry Noesae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *