Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Ciptakan Kemanunggalan TNI Rakyat Melalui Sikap Teritorial

1 min read

JAMBIDAILY – Wajib hukumnya bagi seorang prajurit apalagi yang menjabat Babinsa untuk selalu mengamalkan 3S (Senyum, Sapa dan Salam) kepada masyarakat diwilayah binaannya.

Dilingkungan TNI sikap seperti itu dinamakan senyum teritorial. Sikap dan perilaku seperti ini merupakan tugas seorang Babinsa guna menciptakan Kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

Dengan tegas Danramil 415-09/Telanaipura Mayor inf Widi Purwoko,SE mengajak seluruh para Babinsa untuk melakukan 3S dimanapun berada terutama di wilayah binaannya. Ajakan ini ia sampaikan pada saat sebagai pemateri senyum ter pada apel danramil dan Babinsa di makodim 0415/Batanghari, Kamis (03/12/2020).

Menurut Danramil kegiatan apel ini bertujuan Untuk memelihara dan meningkatkanpenguasaan tentang pengetahuan serta ketrampilan teknis satuan kewilayahan dalam melaksanakan tugas-tugas kewilayahan serta memberikan kemampuan kepada para Babinsa agar dapat menghasilkan tugas-tugas di lapangan dengan baik.

Pada kesempatan tersebut Danramil meminta para Babinsa untuk memahami dan mengamalkan senyum teritorial dengan baik.

“Sikap teritorial merupakan sikap kedekatan tentara dengan rakyat dan masyarakat. Sikap teritorial yang baik tidak kalah berarti nya dibandingkan dengan senjata dan peralatan bagi pencapaian tugas tentara.” jelas danramil.

Menurut danramil, kedekatan dengan rakyat harus selalu diwujudkan terutama di daerah Babinsa berada. kedekatan itu mengandung makna kedekatan fisik dan psikis serta berusaha memahami pikiran dan perasaan masyarakat.

Dengan memahami dan menunjukkan perhatian kepada rakyat, rakyat pun akan merasa dekat dengan Babinsa dan cenderung mendukung yang dilakukan dan diperjuangkannya. (**/fds)

BACA JUGA:  Babinsa Kodim Tanjab Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *