Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peringati Hari Juang Kartika di Tengah Pandemi, Korem Gapu Gelar Aksi Donor Darah

2 min read

JAMBIDAILY  – Korem 042/Gapu dalam memperingati Hari Juang Kartika tahun 2020 menggelar aksi peduli kasih dengan kegiatan berupa donor darah.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Denkesyah 02.04.02 Jambi, PMI Provinsi Jambi, pada Jum’at 4 Desember 2020 di Balai Prajurit Korem 042/Gapu, Jalan Jenderal Urip Sumoharjo No.3, Sungai Putri, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta dalam rilis tertulisnya di Jambi, Jum’at (04/12/2020).

Pada kesempatan tersebut, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli,S.I.P ,M.M., mengatakan, aksi Peduli Kasih ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI kepada warga masyarakat serta untuk mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat melalui kegiatan donor darah.

Kegiatan semacam ini, pada hakekatnya mengandung dua aspek, yakni yang berkaitan dengan kemanusiaan dan aspek peningkatan kesehatan. Dilihat dari aspek kemanusiaan, kegiatan ini mengandung makna sebagai wujud kesetiakawanan sosial, rasa kebersamaan dan   kepedulian  terhadap warga masyarakat yang membutuhkan darah.

Sedangkan dilihat dari aspek kesehatan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan wawasan tentang pentingnya arti kesehatan serta meningkatkan derajat kesehatan demi kesejahteraan prajurit.

Dengan demikian, kita akan semakin sadar dan peduli untuk memelihara kesehatan, sebagaimana motto
yang selama ini kita kenal, yakni mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kepedulian dalam menjaga kesehatan menjadi sangat penting manakala dihadapkan pada mahalnya biaya pengobatan saat ini.

Oleh karena itu melalui kegiatan Aksi Donor Darah ini, diharapkan dapat membantu dan meringankan beban bagi pihak yang membutuhkannya.

Dengan kegiatan seperti ini berarti semua pihak telah turut membantu meringankan beban sesama hamba Tuhan serta akan berdampak  positif terhadap kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan Danrem, agar kegiatan Aksi Donor Darah ini dapat dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan kebersamaan yang kokoh serta menunggal, antara keluarga besar TNI dengan masyarakat dan menjadikan kegiatan ini sebagai moment untuk senantiasa melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan secara teratur dan berkelanjutan dalam rangka memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan.

BACA JUGA:  Kepala Staf Koarmada II Ikuti Rakor Keamanan Maritime Indonesia

Dengan kegiatan Aksi Donor Darah ini, diharapkan dapat meningkatkan dukungan moril bagi sesama, sehingga uluran tangan bersama dapat meringankan beban bagi mereka yang membutuhkan. Sungguh merupakan sikap yang bijaksana dan arif apabila semuanya senantiasa peduli dengan nasib sesama.

Lebih lanjut, Danrem menjelaskan bahwa Korem sangat mendukung kegiatan donor darah bagi siapa pun yang membutuhkan, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Ia berharap donor darah ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk memenuhi ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkannya, khususnya di masa pandemi  Covid-19 ini.

“Perlu diingat bahwa dengan menyumbangkan darah berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkannya. Setetes darah yang kita sumbangkan akan sangat berarti bagi keselamatan jiwa,” jelasnya.

Hadir pada kegiatan itu, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P.,M.M, Kasrem 042/Gapu Kolonel Kav Rayen Obersyl, Kasipersrem 042/Gapu Kolonel Arh Beny Febriyanto.S.Sos serta Dandenkesyah Letkol Ckm Dr. Ketut Mahendera. (Penremgapu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *