Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dankodiklatad Pimpin Acara Wisuda Sarjana Terapan Poltekad Kodiklatad TP 2017-2020

2 min read

JAMBIDAILY JAKARTA – Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi mutlak dibutuhkan oleh prajurit TNI AD sebagai salah satu upaya organisasi dalam mewujudkan kemandirian dalam pengadaan dan perawatan Alutsista termasuk perlengkapan pendukungnya.

Hal tersebut disampaikan Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. saat memimpin Wisuda Diploma 4 Angkatan II Politeknik TNI AD (Poltekad) Tahun Pendidikan 2017 – 2020 di Malang, Sabtu (05/12/2020).

Dihadapan 58 orang wisudawan yang merupakan prajurit TNI AD aktif dan disaksikan oleh akademisi baik dari Poltekad maupun beberapa perguruan tinggi serta perwakilan Kemendikbud, Dankodiklatad menyampaikan bahwa dengan selesainya pendidikan ini, maka TNI Angkatan Darat mendapat tambahan SDM lulusan Sarjana Terapan Teknik Jurusan Teknik Elektronika Sistem Senjata, Teknik Telekomunikasi Militer dan Teknik Otoranpur.

“TNI AD akan berkomitmen untuk memodernisasi Alutsista yang dapat mempengaruhi kedudukan negara dalam diplomasi politik internasional. Dengan beragamnya Alutsista modern yang dimiliki TNI AD, peran wisudawan-wisudawan ini menjadi sangat penting”, jelasnya.

Sementara itu pada orasi ilmiah yang disampaikan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., disampaikan bahwa pendidikan terapan adalah kebutuhan masa kini dan Kemendikbud terus mendorong agar pendidikan terapan sesuai dengan keinginan pemakai yakni industri.

“Soft skill dan karakter merupakan dua hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan karena itulah yang akan menjadikan para wisudawan menjadi prajurit yang akademis namun juga mencintai bangsa dan negaranya”, tambahnya.

Pada kesempatan ini dilaksanakan paparan hasil akhir jurusan oleh tiga wisudawan terbaik. Paparan pertama tentang Seragam TNI AD dan Lesan (sasaran latihan menembak) berbasis ektronika oleh Serda Mohammad Suprayadi dari Jurusan Teknik Elektronika Sistem Senjata.

Selanjutnya paparan kedua tentang Autonomous Military Robot to Face Future Warfare oleh Sertu Juanda Rahmatullah dari Jurusan Teknik Komunikasi Militer. Dan paparan ketiga tentang Motor Amfibi, Penghancur Kelongsong, Crane Portabel, Pembangkit Listrik Picohidro dan Robot UGV oleh Serda Suryono dari Jurusan Teknik Otomotif Kendaraan Tempur.

BACA JUGA:  Babinsa Koramil Pasar Ajak Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Kegiatan dilanjutkan dengan atraksi bela diri, wisuda mahasiswa, pengucapan janji wisudawan, ucapan terima kasih wisudawan, pemberian penghargaan bagi para lulusan terbaik dan ditutup dengan acara peninjauan hasil tugas akhir para wisudawan.

Hadir dalam acara tersebut Pangdam V/Brawijaya, Wadan Kodiklatad, Danpussenarhanud, Wadanpussenkav, Kadislitbangad, Waaspers Kasad Bidang 2 Binpers, Irpussenif, Dirum, Dirdik, Danpusdikarhanud Kodiklatad. Selain pejabat militer, juga hadir dalam kegiatan ini Direktur Polinema, Wakil Rektor III Universitas Merdeka Malang, Walikota dan Kapolres Batu, serta General Manager PT. Pindad Turen. (Dispenad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *