Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peduli Lingkungan, Babinsa Koramil Telanaipura Edukasi Warga Lakukan Penghijauan

2 min read

JAMBIDAILY – Penghijauan merupakan salah satu bentuk peran manusia yang menggambarkan kegiatan menanam pohon dalam rangka menjaga lingkungan dan melestarikan alam, mengingat pohon banyak sekali manfaatnya.

Hal tersebut dikatakan oleh Danramil Telanaipura, Mayor Inf Widi Purwoko, S.E dalam keterangan tertulis di Jambi, Minggu (6/12/2020), saat merespon kepedulian anggota Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura Serka Afriadi bersama petugas balai benih hortikultura (BBH) melakukan penanaman pohon sebagai upaya edukasi terhadap masyarakat, pada infrastruktur PUPR di RT 42 Kelurahan Mayang mangurai Kecamatan Alam Barajo kota Jambi.

Menurut Widi, keberadaan pohon sangat penting bagi manusia, karena pohon adalah sumber oksigen atau penghasil oksigen yang paling besar. Seperti kita ketahui bersama bahwa oksigen merupakan gas yang paling dibutuhkan oleh umat manusia untuk bernafas.

Sejalan dengan aktivitas manusia dapat kita lihat banyaknya kegiatan masyarakat yang dengan mudahnya membuka lahan perkebunan maupun lahan perumahan dengan cara menebang pepohonan. Tentu kegiatan ini tergolong sangat merugikan. oleh sebab itu aktivitas penghijauan perlu segera dilakukan, ungkap Widi.

Kegiatan penghijauan yang dilakukan Babinsanya kali ini dimaksudkan agar pohon yang di tanam akan hidup karena sudah memasuki musim penghujan. Begitu pula selain untuk penghijauan, pohon yang di tanam bila sudah bertumbuh besar akarnya bisa memperkuat kondisi tanah yang labil apa bila terjadi longsor di saat pada musim penghujan.

Dengan adanya kegiatan penghijauan ini dapat menyerap dan juga menyimpan air, selain itu juga dapat mencegah erosi tanah seperti longsor dan pengikisan tanah.

“Kita sebagai manusia janganlah merusak alam namun kita harus patut menjaga dan melakukan penanaman sehingga lingkungkan akan tetap terjaga kelestariannya,” imbuhnya.

Hal ini merupakan kegiatan Babinsa yang sudah sesuai dengan Perintah dari Komando Atas, untuk selalu siap sedia membantu masyarakat Desa binaan dalam kegiatan apapun yang ada di wilayahnya dan juga dapat digunakan sebagai sarana dan prasarana guna untuk pendekatan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

BACA JUGA:  Sebelum Tinggalkan Desa Labuhan Pering, Satgas TMMD Kodim Tanjab Sempatkan Mengajar

Terakhir, Widi berharap, kegiatan yang dilakukan anggotanya tersebut bisa menambah kegiatan lain bagi masyarakat agar dapat merawat dan memelihara tanaman yang ada di lingkungan disekitar tempat tinggal masing – masing, serta mengingatkan tentang penerapan protokol kesehatan dimasa pandemi. Dengan demikian, akan menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan. Terutama pada tanaman serta menumbuhkan rasa keindahan dan kebersihan lingkungan bagi warga setempat,”pungkasnya.

Babinsa Serka Afriadi saat dikonfirmasi awak media juga mengatakan bahwa pelestarian lingkungan hidup harus terus digalakkan. Edukasi terhadap warga masyarakat harus tetap terus dilakukan. Hampir sebagian lahan telah beralih fungsi, sehingga cadangan oksigen menipis dan polusi udara cenderung meningkat, tambahnya. (**/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *