14/06/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Morfologi Puncak Merapi Alami Perubahan, Rekahan-rekahan Baru Muncul

1 min read

Gunung Merapi mengeluarkan asap sulfatara terlihat jelas dari Kota Yogyakarta, Jumat (27/11/2020). Foto: PIUS ERLANGGA/detikcom

JAMBIDAILY NASIONAL Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan (BPPTKG) menyebut terjadi perubahan morfologi area puncak Gunung Merapi. Hal itu seiring dengan banyaknya kejadian guguran dan desakan magma dari dalam yang menuju ke puncak.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menjelaskan berdasarkan analisis morfologi area puncak berdasarkan foto dari sektor tenggara tanggal 8 Desember terhadap tanggal 29 November 2020 menunjukkan adanya sedikit perubahan morfologi area puncak. Termasuk dari data drone tanggal 5 Desember 2020 diperoleh gambaran bahwa tidak teramati adanya material baru atau kubah lava baru.

“Teramati perubahan morfologi dinding kawah terutama pada lava 1948 dan 1888 disebabkan proses guguran yang terus terjadi,” kata Hanik dalam siaran informasi yang ditayangkan kanal YouTube resmi BPPTKG, Jumat (11/12), seperti dikutip dari detikcom, Sabtu (12/12/2020).

“Saat ini rekahan ada yang memanjang dan melebar, ini menunjukkan adanya intensitas guguran,” jelasnya.

Rekahan di area kawah, lanjut Hanik, juga mengalami penambahan panjang. Kemunculan rekahan baru juga memiliki panjang yang beragam.

“Jadi ada yang tadinya 65 meter menjadi 120 meter. Ada rekahan baru panjangnya 70 meter dan 30 meter,” ungkapnya.

Kendati demikian, BPPTKG masih mempertahankan status Merapi pada level Siaga. Untuk saat ini, berdasarkan analisis morfologi dan deformasi wilayah barat-barat laut menjadi wilayah yang berpotensi terancam erupsi.

“Aktivitas vulkanik Merapi masih cukup tinggi, sehingga status aktivitas masih dalam tingkat Siaga. Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava, lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dan awan panas sejauh maksimal 5 km,” pungkasnya.(*)

 

(detik.com)

BACA JUGA:  Semua Lahan Bebas, Jalan Tol Padang – Pekanbaru Lanjut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *