Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Khasiat dan Manfaat Belimbing untuk Tubuh Kita

2 min read

JAMBIDAILY KESEHATAN-Belimbing atau Averrhoa carambola adalah buah yang populer di iklim tropis. Buah ini dikenal dengan rasa asam-manisnya yang khas dan menyegarkan. Tak hanya itu, kandungan nutrisi pada buah belimbing juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, Stroke dan tekanan darah tinggi.

Tahukah anda jika manfaat buah belimbing bintang ternyata sehebat julukannya sebagai star fruit. Selain kaya serat dan vitamin, buah belimbing juga dikenal rendah kalori. Dalam satu buah belimbing berukuran sedang, terdapat sekitar 30 kalori dan 5 gram karbohidrat.

Buah belimbing juga mengandung mineral yang baik bagi kesehatan, di antaranya adalah zat besi, magnesium, mangan, potasium, β-karoten, serta sejumlah vitamin, mulai dari vitamin A, B9 (asam folat), B3 (niasin), dan vitamin C (asam L-askorbat).

Nah, berikut ini beragam manfaat buah belimbing bintang untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Satu buah belimbing ini memberikan 50 persen kebutuhan tubuh terhadap vitamin C. Tingginya kandungan ini sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal penyakit, dan menguatkan tulang dan otot.

2. Sebagai Anti Inflamasi Alami

Buah belimbing memiliki sejumlah besar anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mencegah gangguan kulit seperti dermatitis. Kehadiran vitamin C juga dapat membantu dalam membuang racun dan menjaga tubuh yang sehat.

3. Mengatur Tekanan Darah

Buah belimbing juga memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Kehadiran kalsium ini dapat mengurangi risiko terkena masalah jantung, seperti serangan jantung dan stroke dengan cara menghilangkan stres pada pembuluh darah dan arteri.

Dengan menghilangkan tekanan stres, jantung akan lebih rileks dan membuat sirkulasi darah semakin efektif.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes

Serat tidak larut yang terdapat dalam buah ini dapat mencegah pelepasan glukosa setelah makan, yang selanjutnya dapat membantu mengendalikan kadar insulin dalam tubuh. Hal ini menjadikannya sebagai camilan ideal bagi para penderita diabetes atau orang-orang yang berisiko.

BACA JUGA:  Didukung 11 Kabupaten Kota, Hendry Attan kembali Nahkodai POBSI Jambi

5. Baik Untuk Diet Dan Menurunkan Berat Badan

Kandungan vitamin C dan seratnya yang tinggi dalam buah ini membuatnya baik untuk menu diet menurunkan berat badan. Apalagi buah ini juga ampuh meningkatkan metabolisme tubuh

6. Menyembuhkan Sakit Maag

Kandungan terpenoid, flavonoid dan lendir dalam buah belimbing bintang bermanfaat dalam melindungi lambung dan mencegah kerusakan gastritis. Minum jus buah ini juga bisa meredakan sakit maag.

7. Dapat mengurangi Kadar Kolesterol

Manfaat belimbing lainnya adalah dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Buah ini memiliki lemak yang dapat diabaikan dan serat makanan tingkat tinggi yang bagus mengelola kadar kolesterol, sehingga dapat mengurangi risiko jantung koroner, stroke, serangan jantung, dan gangguan lainnya.

 

(*/arl/sib)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *