Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

PEP Jambi Optimalkan Sinergi di Kabupaten Muarojambi

2 min read

Batik Lapas Perempuan/Foto: PEP

JAMBIDAILY EKONOMI – Pertamina EP Asset 1 Jambi Field (PEP Jambi) merupakan Kontraktor Kontrak Kerjasama (K3S) di bawah SKK Migas memiliki Wilayah Kerja (WK) berada di 3 Kabupaten Provinsi Jambi, melingkupi: Kota Jambi, Kabupaten Batanghari, dan Kabupaten Muarojambi.

Dalam upayanya melaksanakan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi (migas), PEP Jambi senantiasa memperhatikan aspek sosial dan lingkungan di sekitar WK. Berbagai program Tanggung Jawab Sosial (TJS) telah dijalankan sebagai wujud sinergi dan komitmen perusahaan dalam menjaga keseimbangan antara kegiatan operasi dengan pengembangan masyarakat.

Sebagai bagian dari Ring 1 kegiatan operasi, Kabupaten Muarojambi menjadi prioritas dalam program-program TJS yang dijalankan PEP Jambi.

Di bidang infrastruktur, PEP Jambi telah menjalankan program perbaikan jalan sepanjang 5 Km dan pembangunan rumah ibadah di Desa Talangbelido, Kecamatan Sungaigelam.

Di bidang pendidikan, PEP Jambi telah menginisiasi pembangunan PAUD sebagai akses pendidikan awal bagi anak-anak balita di Dusun Belido Serandi.

Adapun untuk memenuhi kebutuhan akses air bersih bagi warga setempat, PEP Jambi memfasilitasi pembuatan sumur gali di Dusun Belido Serandi dan sumur bor di Desa Talangbelido sehingga warga desa lebih mudah memperoleh akses air bersih.

Untuk menunjang sektor pertanian, PEP Jambi berkontribusi memberikan bantuan perlengkapan tani berupa pupuk, bibit, paranet, insektisida, tangki semprot yang tersebar ke 15 dusun di Desa Talang belido.

Di bidang pemberdayaan kelompok rentan, PEP Jambi membina program pemberdayaan lapas perempuan melalui kerajinan batik tulis. Lapas perempuan yang terletak di Desa Bukitbaling, Kecamatan Sakernan, Kabupaten Muarojambi ini memiliki potensi untuk dikembangkan. Berbagai motif batik hasil karya Lapas Perempuan juga telah menorehkan prestasi dan menghasilkan variatif produk yang kompetitif.

BACA JUGA:  KBI dan BAPPEBTI Dorong Masyarakat Memanfaatkan Sistem Resi Gudang

Lebih lanjut, melalui kerjasama dengan Yayasan Gerakan Muaro Jambi Bersakat (GMB), PEP Jambi telah membangun rumah bayang yang berada di Kelurahan Jambi Kecil, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muarojambi sebagai upaya pelestarian keanekaragaman hayati flora anggrek langka yang menjadi potensi di Provinsi Jambi, khususnya Kabupaten Muarojambi.

Aspek keselamatan kerja dan lingkungan pun senantiasa menjadi prioritas dalam kegiatan operasi PEP Jambi. “Sudah menjadi komitmen kami untuk memastikan terpenuhinya aspek safety dan environment dalam setiap kegiatan operasi yang dijalankan, termasuk pemberlakuan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19”, ujar Field Manager PEP Jambi Hermansyah.

Hermansyah pun mengapresiasi dukungan penuh dari elemen masyarakat dan pemerintah di wilayah Kabupaten Muaro Jambi yang sangat berperan penting dalam kelancaran operasi PEP Jambi. “Sebagai pengemban amanah negara dalam upaya pemenuhan energi nasional, kami sangat mengharapkan agar sinergi yang baik dengan masyarakat dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan,” tutup Hermansyah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *