21/09/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Usai Etape Terakhir Pelayaran, Taruna AAL Satlat KJK Jalani Ujian Komprehensif

2 min read

JAMBIDAILY SURABAYA – Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan Ke-67 Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2020 menjalani Ujian Tulis dan Komprehensif Pengetahuan Umum serta Profesi ditengah pelayaran setelah etape terakhir dari Kupang menuju Surabaya, Selasa, (29/12/2020)

Palaklat KJK 2020 Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han menjelaskan bahwa ujian yang dilaksanakan ditengah pelayaran dari Kupang menuju Surabaya ini dimulai dari tanggal 29 sampai dengan 30 Desember 2020.

Ujian ini lanjutnya, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana para Taruna dapat menyerap ilmu yang telah diberikan selama di KRI Bima Suci, materi ujian meliputi Pengetahuan Umum Kapal, Keperwirajagaan, PUDD Khas TNI AL, Kebaharian dan pengetahuan sesuai dengan Korps masing-masing.

“Dalam kegiatan ujian ini para Taruna juga dituntut untuk mampu menjelaskan tentang daerah yang disinggahi baik dari segi keamanan, kebudayaan, keanekaragaman adat istiadat, potensi yang dimiliki serta posisi strategis Pangkalan TNI AL yang disinggahi serta Pulau Terluar yang berbatasan langsung dengan negara lain,” tegasnya.

Ujian ini tambahnya, di bawah kendali Perwira Pendidikan dan Latihan (Padiklat) Satgas OBS Mayor Laut (P) Nana Masihna, S.H. yang mengatur serta membagi kelompok penguji dan kelompok yang diuji sesuai dengan Divisi Jaga Taruna, yaitu Divisi Jaga Ambon, Bandung dan Cepu.

Menurutnta, pelaksanaan ujian komprehensif pengetahuan umum secara kelompok dinilai dari kecepatan waktu antar divisi, ketepatan dalam menjawab pertanyaan sekaligus penguasaan materi, selain itu perform individu Taruna pun tak lepas dari penilaian.

Sementara itu untuk pelaksanaan ujian Profesi atau Korps, akan dilaksanakan pada esok hari dengan materi sesuai dengan Korpsnya masing-masing.

Untuk Korps Pelaut materi yang diuji adalah Navigasi Astronomi, Peraturan Pencegahan Tubrukan di Laut (PPTL), Elemen Gerak Sasaran (EGS).

BACA JUGA:  Putus Mata Rantai Covid-19, Satgas TMMD Bantu Alat Cuci Tangan Portabel Untuk Masjid Di Desa Labuhan Pering

Kemudian untuk Korps Teknik materinya adalah Tugas dan tanggungjawab sebagai Padiv Departemen mesin, untuk Korps Elektronika adalah Pengoperasian pesawat-pesawat elektronika, ruang server, anjungan utama dan ruang komunikasi.

Sedangkan untuk Korps Suplai materinya adalah tentang Administrasi Umum TNI/TNI AL, Keuangan dan perbekalan.

“Selain materi profesi yang diujikan terdapat juga materi ujian Peran-Peran di kapal sesuai dengan tugas dan fungsi korps masing- masing,” pungkasnya. (Pen AAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *