Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Diskes Koarmada II Adakan Pelatihan Cara Pengambilan SWAB Antigen Bagi Para Bakes Unsur KRI

2 min read

JAMBIDAILY, SURABAYA – Dinas Kesehatan Koarmada II mengadakan pelatihan singkat mengenai cara pengambilan SWAB antigen, yang ditujukan bagi para Bintara Kesehatan (Bakes) dari seluruh unsur KRI Koarmada II pada Rabu (30/12/2020).

Pelatihan yang dilaksanakan di Diskes Koarmada II ini, terdiri dari dua metode yakni secara daring untuk teori, dan dilanjutkan dengan praktek langsung yang dibimbing oleh petugas Lab Rumkital dr. Idris P. Siregar. Para peserta mendapat penjelasan tentang metode praktek pengambilan SWAB Antigen dari berbagai narasumber, diantaranya Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik (PDS PatKLIn) Prof. Dr. Aryati, dr., MS, SpPK(K)., juga dari RSAL Dr. Ramelan, dan Rumkital dr. Idris P. Siregar.

Para Bakes juga mendapat pengetahuan lengkap tentang langkah-langkah pengerjaan screening Covid-19, mulai dari pengamanan pribadi dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), pendataan pasien, Preanalitik, pemilihan jenis spesimen dan tata cara pengambilan specimen serta cara penyimpanan specimen, Analitik, Pasca analitik dan interprestasi, yang diakhiri dengan laporan.

Menurut Kadiskes Koarmada II Kolonel Laut (K) dr. I.K. Tirka Nandaka, Sp. KJ(K)., M.M., pelatihan singkat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pengambilan SWAB Orofaring dan Nasofaring kepada para Bakes KRI Koarmada II sehingga siap tempur dan mandiri dalam screening Covid-1.

“ Disisi lain pelatihan ini juga sebagai solusi untuk memenuhi kekurangan tenaga penata klinis laborat yang ada di Koarmada II. Sehingga kedepan Diskes Koarmada II bisa fokus mengerjakan Tes PCR, yang membutuh waktu sekali running paling cepat setengah hari serta menghindari antrean dan kerumunan pasien, “ ujar Dokter Tirka, sapaan karibnya.

Terpisah Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan berharap dengan dilaksanakan pelatihan ini, para Bakes KRI yang sudah dibekali pengetahuan akan mampu memangkas penyebaran Covid-19 di jajaran Koarmada II.

BACA JUGA:  Pangdam II/Sriwijaya : "Jaga Kesehatan, Hindari Pelanggaran dan Jauhi Narkoba"

Sumber: (Pen2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *