Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pangkoarmada II Berikan Pembekalan Kepada Peserta Latpratugas MTF Garuda XXVIII-M Unifil Lebanon

2 min read

JAMBIDAILY, SURABAYA – Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan memberikan pembekalan kepada 119 prajurit peserta Latihan Pratugas Maritime Task Force (MTF) TNI Garuda XXVIII-M Unifil Lebanon, bertempat di Gedung Mandalika Kolatarmada II pada Rabu (30/12/2020).

Pada kesempatan tersebut Laksda Sudihartawan menyampaikan, bahwa peran serta negara Indonesia dalam Unifil merupakan implementasi dari cita-cita bangsa untuk turut menciptakan perdamaian dunia sesuai yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945. Disamping itu platform politik luar negeri bebas aktif memberikan dorongan agar Indonesia terlibat secara aktif untuk ikut serta, dan berkontribusi bagi upaya perdamaian di seluruh dunia.

” Unifil sebagai salah satu organisasi yang didirikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa memiliki arti yang sangat strategis bagi diplomasi RI dan eksistensi TNI Angkatan Laut di mata dunia internasional. Dimana peran diplomasi TNI AL dimulai dengan skala _benign ke coercive_ yaitu mulai dari perbantuan kekuatan kepada komunitas sipil, _search and rescue_, bantuan kepada aliansi dan negara sahabat, kehadiran di laut (_naval presence_), bantuan evakuasi, membantu perlindungan evakuasi sampai dengan tindakan coercion/paksaan,” terang Laksda Sudihartawan.

Laksda Sudihartawan juga berharap para prajurit mempersiapkan segala sesuatu untuk operasi peace keeping sesuai ketentuan dari PMPP dan PBB, baik secara fisik maupun administrasi termasuk kesiapan kesamaptaan, kesehatan dan pembekalan-pembekalan dalam latpratugas.

Diakhir sambutan Laksda Sudihartawan berpesan agar melaksanakan tugas sesuai prosedur tetap yang telah ditentukan untuk kepentingan operasi peace keeping, sehingga tugas dapat terlaksana dengan baik serta meminimalkan terjadinya resiko (zero accident) sesuai program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono bidang Pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan Operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi.

Sumber: Pen2

BACA JUGA:  Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Kawal Amanah Pemerintah Untuk Rakyat Tidak Mampu Terkait Wabah Covid - 19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *