07/12/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Wisuda Purnawira, “Pengabdian Seorang Prajurit Tidak Akan Berhenti”

3 min read

JAMBIDAILY – “Pengabdian seorang prajurit tidak akan berhenti“. Seorang prajurit bisa pensiun, namun sebagai pejuang tidak akan pernah mengalami pensiun dalam mengabdikan dirinya bagi kepentingan Bangsa dan Negara.

Hal tersebut disampaikan oleh Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi dalam bagian sambutannya pada acara Wisuda Purnawira dan dilanjutkan Syukuran dalam rangka Peringatan HUT Ke-75 Kodam II/Swj yang diselenggarakan di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jalan Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang, Selasa (5/1/2021).

Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi menuturkan jika wisuda bagi para Purnawirawan tersebut, tentunya menjadi suatu momentum tersendiri. Kegiatan ini merupakan wujud penghargaan dan upaya menumbuhkan kebanggaan pada Prajurit TNI AD yang akan mengakhiri masa dinasnya.

“Acara wisuda Purnawira seperti ini jangan dipandang sebagai kegiatan seremoni saja. Hakikatnya, kegiatan ini merupakan wujud ungkapan rasa bangga, hormat dan penghargaan yang tulus dari Keluarga Besar kodam II/Sriwijaya,” jelasnya.

“Saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para wisudawan atas keberhasilannya mengakhiri masa pengabdiannya sebagai Prajurit TNI AD secara paripurna. Dengan berakhirnya masa tugas, bukan berarti hubungan dengan institusi terputus, saya berharap silaturahmi dan komunikasi tetap terjalin dengan baik”.

“Terhadap para perwira yang telah melalui pengorbanan, dedikasi dan pengabdiannya sejak mengawali dinas aktif, hingga masuk Purna,” imbuh Pangdam.

Wisuda Purnawira, kata Agus, seakan menjadi kenangan yang istimewa bagi para Perwira TNI-AD selama masa pengabdiannya ketika mengemban posisi sebagai Perwira jajaran Kodam Sriwijaya. “Sehingga patut mendapatkan balasan penghormatan yang tertinggi,” jelasnya.

Orang nomor satu di Kodam itu menyebut, peralihan status dari dinas aktif menjadi Purnawirawan, bukan berarti perjuangan telah berakhir. Pasalnya, sumbangsih dalam bentuk pemikiran, masih sangat diperlukan demi perbaikan dan kemajuan TNI-AD. “Saya yakin, para wisudawan tetap tegar serta penuh optimis dan percaya diri dalam melanjutkan langkah pengabdian berikutnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Al Haris: Jalan Teluk Nilau-Senyerang akan Dikerjakan

Sebelumnya perwakilan perwira yang melaksanakan Wisuda Purnawira, Letkol Cpl Usman Sinambela mengatakan, kita apresiasi dan bangga melihat perhatian bapak Pangdam sehingga Wisuda Purnawira yang baru pertama kali ini dapat terlaksana dengan sukses, semoga kedepan acara seperti ini dapat berkelanjutan.

“Ini sebuah penghargaan yang patut kita syukuri,” kata Usman Sinambela.

Kegiatan Wisuda Purnawira ini dibingkai pada Acara Syukuran dalam rangka peringatan HUT Kodam II/Sriwijaya yang digelar secara sederhana. Pasalnya, pihak Kodam sebelumnya telah berkomitmen untuk berupaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Bahkan, selama berjalannya kegiatan itu, pihak panitia tetap memberlakukan protokol kesehatan.

Disamping Wisuda Purnawira, juga dilaksanakan Acara syukuran yang merupakan puncak peringatan HUT Ke-75 Kodam II/Swj dengan ditandai dengan prosesi pemotongan tumpeng oleh Pangdam II/Swj didampingi Ketua Persit KCK PD II Sriwijaya Ny. Shinta Agus Suhardi, dengan diiringi Lagu Gending Sriwijaya dan Puisi, selanjutnya diserahkan kepada Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono, S.S., M.I.Kom (Danrem Tertua) dan Wisudawan Tertua, Letkol (Purn) Usman Sinambela.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Muhammad Zamroni, Irdam II/Swj, Kapoksahli Pangdam II/Swj, para Danrem jajaran Kodam II/Swj, Danrindam II/Swj, Asrendam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, para Dan/Kabalakdam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU Kodam II/Swj, para Wisudawan, Ketua dan Wakil beserta Pengurus Persit KCK PD II/Swj.

Adapun nama – nama Perwira Menengah yang mengikuti Wisuda Purnawira tersebut yakni Letkol Inf Ikhsan, Letkol CAJ Wilmar Nelson Sianipar, Letkol Cpl Usman Sinambela, Letkol Czi Sukaedi, Letkol Chb (K) Cristiana Rushastuti, Letkol Inf Hamdani, Letkol Inf Surobin, Letkol Chk Kesmedi Darwin, Letkol Inf Firdaus, Mayor Inf Zamzami, Mayor Czi Edi Aryoto, Mayor Ckm (K) Aryani Wijaya, Mayor Inf M. Daud Sai, Mayor Arm Ikrawardita, Mayor Chb (K) Meydalina.

BACA JUGA:  Komis IV DPRD Kota Jambi Apresiasi Pelantikan Pejabat di TPU khusus pemakaman Covid-19

(Firdaus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *