Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Inovasi Prajurit TNI, Dari Kendaraan Rongsokan Jadi ‘Buggy’ Militer

2 min read

JAMBIDAILY  SUARA TNI-Kemajuan teknologi yang pesat membuat hampir semua hajat hidup manusia menjadi gampang. dan praktis. Seperti dalam dunia transportasi.

Beberapa perusahaan tengah gencar dengan transportasi masa depan. Ide mereka adalah menciptakan kendaraan yang tak perlu dikendalikan orang.

Ada juga kendaraan dengan  software canggih. Sebuah mobil dapat berkendara secara otomatis, tanpa perlu sopir atau yang disebut ‘driverless car‘.

Lain hal dengan karya inovasi yang lahir dari tangan prajurit Satuan Bengrah 3 Bandung Paldam III/Siliwangi yaitu Peltu Ujang Setiawan. Ia alumni STM Prakarsa Internasional Bandung. Memodofikasi kendaraan dan memanfaatkan berbagai kendaraan yang sudah tidak dapat digunakan menjadi mainannya sehari-hari.

Peltu Ujang berinovasi dari kendaraan rongsokan yang tua dan rusak, di antaranya mengambil rangka/chasis dan gardan dari motor Triseda, untuk mesin dari mesin bekas dongpeng atau mesin diesel, transmisi bekas mobil Kijang, as kemudi stir bekas mobil Kijang, stir pakai bekas motor GL, sistem rem atau dist brake bekas mobil Kijang juga. Sementara bodi dibuat dari plat ukuran 08 mm, dan velg bekas motor Triseda dan ukuran ban 10 inci.

Selain itu, ia memodifikasi kendaraan roda dua menjadi roda empat. Bermula memodifikasi sebuah motor dengan desain yang identik dengan kendaraan roda empat, sejenis kendaraan buggy.

Peltu Ujang mengakuinya, ide dan modifikasi kendaraan itu atas arahan dan bimbingan langsung dari Kasdam III/Slw Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Ia melaksanakan pekerjaan dibantu oleh empat personel lainnya.

Hasil kerja dan inovasi Peltu Ujang mendapat pujian dari Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. Bahkan Pangdam III/Siliwangi mencoba kendaraan tersebut didampingi langsung oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD III/Siliwangi Ny Suci Nugroho Budi Wiryanto.

BACA JUGA:  Kemampuan Industri Pertahanan Nasional Dukung Kemandirian Alutsista TNI

“Lanjutkan karya inovasi dan terus sempurnakan, apalagi ini menggunakan kendaraan yang sudah tidak bisa digunakan, luar biasa,” ujar Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

 

(susanto/sib)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *