29 Maret 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Jelang Hari Dharma Samudera, Lantamal V Anjangsana Ke Keluarga ABK KRI Macan Tutul

2 min read

JAMBIDAILY SURABAYA – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., S.Soc.,Sc melaksanakan anjangsana kepada keluarga pelaku sejarah Pertempuran Laut Arafuru, mantan ABK KRI Macan Tutul dalam rangka Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2021 yang jatuh pada 15 Januari mendatang, pada Rabu (13/1/2021).

Kadatangan Danlantamal V didampingi Ketua Korcab V DJA II Ny. Asih Zaenal disambut oleh Ny. Sumariah istri dari Almarhum Pelda (Purn) Nyoman Tjang yang tinggal di wilayah Kertajaya Surabaya. Dalam pertemuannya Ny. Sumariah menyampaikan terima kasih banyak atas kunjungan serta perhatian dari TNI AL. “Atas nama keluarga kami ucapkan terima kasih atas perhatian dari dinas semoga silaturahmi ini akan tetap selalu terjalin”, ucap Ibu Sumariah.

Disampaikan Danlantamal V dalam kesempatan ini bahwa, kedatangannya atas nama Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE., MM., dan ini merupakan suatu bentuk perhatian TNI AL kepada para keluarga prajurit, terlebih para prajurit tersebut telah berjasa kepada TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara.

“Kunjungan ini sekaligus merupakan rangkaian dalam peringatan Hari Dharma Samudera dimana Bapak Nyoman Tjang salah satu prajurit TNI AL yang ikut dalam pertempuran tersebut”. Ungkap Danlantamal V.

Di tempat berbeda, anjangsana ke keluarga Pelaku sejarah mantan ABK KRI Macan Tutul juga dilaksanakan di wilayah Sidoarjo. Asisten Intelijen Danlantamal V Kolonel (Mar) Mikaryo Widodo melaksanakan kunjungan kepada keluarga Almarhum Pelda Andrian yaitu Ibu Indarwati.

Selain itu, di wilayah Mojokerto anjangsana dilaksankaan oleh Asiten Personel Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Ambyah Wiharjono, dengan mengunjungi Ibu S. Hamzah, keluarga dari Almarhum Serka M. Saleh ABK KRI Macan Tutul.

Dan di wilayah Magetan, anjangsana dilaksanakan oleh Asisten Potensi Maritim Danlantamal V Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi, kepada Ibu Sumini keluarga dari Almarhum Pelda Tarmudji yang juga pelaku sejarah pertempuran Laut Arafuru.

Seperti diketahui KRI Macan Tutul tenggelam dalam pertempuran Laut Arafuru pada 15 Januari 1962, bersamaan dengan itu gugur pula Komodor Yos Soedarso dan hingga saat ini peristiwa tersebut diperingati sebagai Hari Dharma Samudera. (Pen Lantamal V)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

27 + = 33