Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Disaksikan Presiden RI dan DK OJK, Bupati Kerinci Adirozal Terima Penghargaan OJK

2 min read

JAMBIDAILY KERINCI- Dinilai sebagai salah satu Kepala Daerah yang memberikan kontribusi terhadap Inklusi Keuangan, Bupati Kabupaten Kerinci Adirozal menerima Penghargaan dari OJK Pusat.

Penghargaan bergengsi tersebut diterima orang nomor satu Bumi Sakti Alam Kerinci ini langsung disaksikan Presiden RI, Joko Widodo secara virtual dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimbo dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) yang digelar secara virtual di Jakarta, Jumat.

“Kita sangat meng-apreasiasi prestasi beliau (Adirozal-red) yang telah mendukung program inklusi keuangan,’ujar Kepala OJK Jambi, Endang Nuryadin, kepada jambidaily.com, Sabtu (16/01/2021) melalui WA massanggernya.

Menurut pria yang telah malang melintang didunia perbankan ini, inklusi keuangan merupakan salah satu tugas program yang terus diupayakan OJK.

“Melalui akses keuangan masyarakat yang baik ke lembaga formal keuangan (Inklusi) akan memberi dampak besar terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat,”jelasnya.

Untuk itulah OJK Jambi terus melakukan sosialisasi Inklusi Keuangan bersama mitra kerja yang ada.

“Penghargaan untuk Pak Adirozal ini sebagai salah satu bentuk apresiasi pemerintah terhadap upaya-upaya yang dilakukan OJK untuk kebangkitan perekonian bangsa,”pungkas Alumnus Unsri ini.

Sekedar informasi, OJK menggelar Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) yang digelar secara virtual di Jakarta, Jumat.

Presiden RI Joko Widodo hadir secara virtual dalam pertemuan yang juga diikuti secara virtual oleh pelaku industri jasa keuangan, pimpinan Lembaga Negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur dan Kepala Daerah, serta pelaku usaha mikro dan pimpinan media massa.

Dalam kesempatan tersebut OJK memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh yang berperan penting dalam menggerakkan keuangan mikro, mendorong inklusi keuangan di daerah dan penggerak fintech dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Penghargaan Penggerak Keuangan Mikro Syariah diberikan kepada:

  1. Baiq Mulianah. Pengurus BWM Ahmad Taqiuddin Mansur, Lombok Tengah, NTB;
  2. KH. M. Sholahuddin Humaidullah. Pengurus BWM Apik, Kendal, Jawa Tengah.
BACA JUGA:  SKK Migas Berikan Insentif pada KKKS Untuk Naikkan Gairah Investasi

Penggerak Program Inklusi Keuangan Tingkat Provinsi:

  1. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo;
  2. Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.

Penggerak Program Inklusi Keuangan Tingkat Kabupaten/Kota:

  1. Walikota Malang Sutiaji;
  2. Bupati Kabupaten Kerinci Adirozal.

Penggerak Fintech Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional:

  1. Karaniya Dharmasaputra (Sekjen Asosiasi Fintech Indonesia);
  2. Reynold Wijaya (Ketua Klaster Pendanaan Produktif Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia).

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh menjelaskan, Stabilitas sektor jasa keuangan terjaga dengan baik di tahun 2020 di tengah tekanan ekonomi yang terjadi akibat pandemi Covid-19.

OJK sudah menyiapkan berbagai kebijakan stimulus lanjutan untuk tetap menjaga industri jasa keuangan dan meningkatkan kontribusinya dalam mendorong serta memulihkan perekonomian nasional yang termuat dalam Masterplan Sektor Jasa Keuangan Indonesia (MPSJKI) 2021 – 2025.

Bahwa pandemi Covid-19 merupakan badai besar yang membawa guncangan hebat bagi perekonomian dan pasar keuangan global. Perekonomian nasional pun terkontraksi cukup dalam, sehingga menekan kinerja sektor riil dan mengurangi pendapatan masyarakat.(*)

 

Editor: Hery FR/ Ft;(1st)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *