Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dankodiklatal Beri Pembekalan Kepada Para Danpusdik dan Komandan Sekolah

2 min read

JAMBIDAILY SURABAYA – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat memberikan pembekalan kepada para Komandan Pusdik dan Komandan Sekolah dijajaran Kodiklatal. Pembekalan yang diikuti sedikitnya 50 Pamen list merah dipundak tersebut dilaksanakan di Ruang Gedung Jawawijaya Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Selasa, (19/1/2021).

Mengawali pembekalan Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat menyampaikan bahwa dinamika perubahan global yang ditandai dengan Revolusi Industri 4.0 ini berdampak pada kemudahan akses komunikasi, kecanggihan teknologi mengganti pekerjaan manusia, digitalisasi dan otomatisasi serta bisnis milineal.

Selain itu dampak yang dirasakan dengan perkembangan teknologi ini adalah keterbukaan informasi, Privasi pribadi makin terbuka, berkembangnya Individualisme akibat menurunnya interaksi sosial secara fisik, dunia yang serba instan dan cepat, risiko serangan siber, materialisme dan konsumerisme.

Sedangkan tugas pokok Kodiklatal adalah menyelenggarakan pembinaan Doktrin dan organisasai satuan jajaran TNI AL, menyelenggarakan pembinaan pendidikan dan latihan TNI AL dalam rangka mendukung tugas TNI AL. Sedangkan fungsi Kodiklatal adalah menyelenggarakan pembinaan, penantaan dan pengkajian Doktrin, petunjuk organisasai serta Permildas di lingkungan TNI AL, fungsi lainya adalah pembinaan pendidikan kecuali pendidikan yang diselenggarakan oleh Seskoal dan AAL.

Adapun tantangan Kodiklatal yang dihadapi adalah belum tertatanya Prosmekhubja Gadik dan Gapendik, belum lengkapnya Alins dan alonging, kurangnya fasilitas mesing, fasilitas kelas, terbatasnya dukungan kesehatan dan jaringan internet dan kurangnya pembimbing siswa.

“Namun dengan kekurangan dan keterbatasanya, kita tidak boleh menyerah dan berupaya untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang unggul sesuai yang diprogramkan oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M,” ujar Dankodiklatal.

Selain itu untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi, Kodiklatal telah melakukan usulan jabatan fungsional gadik, membuat E-PPKM, E-Infodik, dan E-Library, melengkapi smart Class dan Smartboard, usulan penambahan dukungan kesehatan, pengadaan router Wifi di sekolah, peningkatan fungsi sekolah, melaksanakan Lattek kapal secara bergiliran, penambahan mesing di Pusdikif Grati dan Kodikopsla Ujung, serta membentuk tiga Satdik di Tanjung Uban, Makasar dan Sorong Papua .

BACA JUGA:  Prajurit Pamtas Yonif 125 Bersama Warga Perbaiki Dermaga di Ujung Muara Kampung Rawa Biru

Pada bagian akhir pembekalannya, Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat juga menyampaikan mengenai pembinaan Gadik dan Gapendik, pembinaan belajar, pengasuhan siswa dan peran Komandan sekolah dalam memajukan lembaga pendidikan serta hasil didik yang siap pakai.

Hadir dalam pembekalan tersebut Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han), Dankodikopsla Laksma TNI Eko Wahjono, para Direktur Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal, para Komandan Kodik dan para Komandan Puslat dijajaran Kodiklatal. (**/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *