12/06/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Waspada Narkoba dan Covid-19, Babinsa Koramil Telanaipura Gencarkan Sosialisasi

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Dua hal ini menjadi fokus Pemerintah untuk ditumpas dan diatasi. Karena bahaya narkoba dan Virus Corona bisa melemahkan sendi-sendi bangsa kita, jika kita sebagai warga negaranya tidak ikut berperan aktif dan membangun kepedulian terhadap sesama.

Hal tersebut disampaikan Serka Rudiyanto, Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura, wilayah Kodim 0415/Batanghari saat melakukan Komsos dengan para ketua RT di Kel. Legok Kec. Danau Sipin kota Jambi, Senin (25/01/2021).

Dalam kesempatan ini, Serda Rudiyanto kembali menjelaskan bahaya narkoba yang bisa berdampak kepada terganggunya keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Begitu juga dengan bahaya Virus Corona yang sampai kini wabahnya masih berlangsung. Untuk mencegah penularan Virus Corona lebih masif (lebih meluas), maka pemerintah telah mengeluarkan imbauan disiplin Protokol Kesehatan.

Yakni memakai masker saat beraktivitas di luar rumah menjaga jarak aman dengan orang lain, tidak berkerumun atau berkumpul di tempat keramaian, dan rajin mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir.

“Semua langkah-langkah pada Protokol Kesehatan ini tujuannya untuk melindungi keselamatan warga dan memberikan kemananan bagi warga untuk bisa tetap produktif. Tapi, bila prosedur Protokol Kesehatan ini diabaikan, maka tidak saja keselamatan menjadi terancam, tetapi juga akan mengganggu aktivitas warga dalam mencari nafkah. Oleh karenanya, cara terbaik di tengah pandemi Covid-19 ini adalah dengan tetap mematuhi dan menjalankan Protokol Kesehatan secara disiplin dan ketat,” tegasnya.

Demikian pula dengan Penyalahgunaan narkoba dan nafza terutama di kalangan generasi muda dewasa ini kian marak. Perubahan dan penyimpangan perilaku generasi muda tersebut sangat memprihatinkan.

Upaya-upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba menjadi tanggung jawab kita bersama. Mulai dari pribadi, keluarga, lingkungan dan sektor wilayah yang luas.

BACA JUGA:  Dibangunnya Jalan TMMD Kodim Batanghari Bisa jadi Tanggul Mencegah Banjir

Peran orang tua dilingkungan rumah tangga menjadi elemen yang sangat penting dan pokok serta sangat sentral.

Selain itu para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama juga harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap anak-anak kita dan para generasi muda.

Untuk mendorong dan menggugah semangat upaya pencegahan peredaran dan ancaman narkoba di wilayah binaan, diperlukan kerjasama yang baik antara tokoh masyarakat dengan aparat, baik aparat kelurahan maupun aparat keamanan untuk mengadakan penyuluhan, himbauan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba. Bila mungkin diadakan razia mendadak secara rutin.

Rudi bertekad akan melakukan pemahaman dan sosialisasi bersama dengan melakukan pengawasan secara rutin, sehingga ruang gerak penyebarannya dapat dibatasi dan diminimalisir.

“Kita sepakat dengan tokoh masyarakat untuk melakukan pengawasan secara langsung dan rutin, agar para generasi muda khususnya di Kelurahan Legok terbebas dari pengaruh narkoba.” pungkasnya.

Editor Firdaus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *