22/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Babinsa Motivasi Masyarakat Giatkan Poskamling

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Jambi Selatan, Kodim 0415/Batanghari, Sertu Holik bersama Bhabinkamtibmas dan Lurah mengajak warga binaan untuk menggiatkan kembali Poskamling di wilayah Kelurahan Talang Jauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, Senin (25/1/2021).

Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan Esensi dari Implementasi bentuk penanggulangan keamanan dan ketertiban dilingkungan Masyarakat. Sehingga akan menumbuh kembangkan rasa peduli terhadap keamanan lingkungan sekitar, baik dari tingkat RT maupun Desa atau Kelurahan.

Sertu Holik selaku Babinsa mengajak warga Masyarakat untuk menimbulkan kepedulian dan menjaga kondusifitas lingkungan secara bersama-sama, sehingga dapat mencegah kemungkinan tindakan kriminalitas dari orang atau sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab, mengingat tanggung jawab masalah keamanan bukan hanya menjadi tugas aparat keamanan, melainkan tugas semua warga masyarakat. Untuk itu perlu motivasi dari pejabat kelurahan desa dan babinsa agar warga dapat aktif melaksanakan Poskamling.

“Keamanan dan ketertiban lingkungan adalah tanggung jawab setiap warga bukan merupakan tanggung jawab pejabat Kelurahan, Babinsa maupun Babinkantibmas saja,” jelasnya.

Lanjut Sertu Holik, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta pejabat Kelurahan hanya bisa menghimbau, mendampingi serta memotivasi warga agar aktif melaksanakan Poskamling sehingga keamanan dan ketertiban lingkungan dapat selalu dalam keadaan kondusif.

Pada kesempatan tersebut, Babinsa Koramil 415-10/JS Sertu Holik didampingi Lurah dan Bhabinkamtibmas Kel Talang Jauh memberikan bantuan berupa Dispenser, Jam dinding dan Jas hujan.

Kegiatan kepedulian ini bertujuan untuk membangun motivasi dan semangat buat warga yang bertugas menjalankan ronda malam dalam kondisi apapun, sehingga tidak menjadikan alasan bagi yang bertugas menjaga lingkungan agar menjadi aman nyaman dan kondusif dari segala tindak kriminalitas.

“Dengan dilengkapinya sarana dan prasarana di pos kamling ini, diharapkan masyarakat merasa nyaman saat melaksanakan jaga atau ronda di malam hari, sehingga keamanan dan ketertiban di wilayah dapat terlaksana dengan baik” ungkapnya Lurah Talang jauh.

BACA JUGA:  Panglima TNI Hadiri Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia

Lebih lanjut Babinsa Sertu Holik juga menghimbau kepada warga masyarakat di wilayah Kel Talang Jauh untuk betul-betul memanfaatkan Pos kamling tersebut dengan maksimal.

“Adakan patroli keliling dan apabila ada hal yang mencurigakan segera laporkan ke aparat keamanan setempat dan tidak boleh langsung main hakim sendiri”, pungkasnya. (Red/pendim0415).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *