01/12/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dankodiklatal Ingatkan Siswa Dikmaba, Jadikan “Latganda” Untuk Membentuk Jiwa Korsa

2 min read

JAMBIDAILY SIDOARJO – Menjelang keberangkatan Latihan Praktek (Lattek) berganda di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo Kabupaten Malang, Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat memberi pembekalan kepada Siswa Pendidikan Pertama Bintara Prajurit Karier (Dikmaba PK) TNI AL Angkaten ke-40 Gelombang 1 di lapangan Kawah Candradimuka Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo, (25/1/2021).

Dalam pembekalannya Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat menyampaikan bahwa Lattek berganda yang di laksanakan di Puslatpur Purboyo merupakan praktek lapangan sekaligus aplikasi dari teori yang sudah didapat di kelas selama  menempuh pelajaran di Sekolah Bintara Puslatdiksarmil.

Menurutnya Lattek tersebut akan menguji ketrampilan baik perorangan maupun secara kelompok meliputi menembak senjata pistol dan laras panjang, lempar granat, jurit tangkas, perembesan, Sea and Survival, kompas siang dan kompas malam secara berkelompok serta diakhiri dengan lintas medan.

“Lattek di luar kesatrian ini sangat beresiko, oleh sebab itu kerjasama antar perorangan, regu, peleton dan kompi sangat diperlukan. Buang rasa ego masing-masing karena disini dididik untuk membentuk jiwa korsa senasib sepenanggungan,” tegas Dankodiklatal.

Selain memberikan pembekalan kepada Siswa Dikmaba PK TNI AL Angkatan ke-40 gelombang 1 dalam kesempatan tersebut Dankodiklatal juga memberikan pembekalan kepada instruktur, pelatih dan pembimbing siswa yang terlibat dalam satgas lattek Siswa Dikmaba. Dalam pembekalannya Dankodiklatal menyampaikan agar dalam pelaksanaan lattek mengikuti prosedur yang ditetapkan dan menjaga keselamatan personil dan mateial.

Selesai pembekalan kepada Siswa dan antap yang terlibat Satgas lattek di Purboyo, Dankodiklatal dan Dirdiklat didampingi Danpuslatdiksarmil dan pejabat utama Puslatdiksarmil melanjutkan inspeksi sarana dan prasarana mess Bintara Puslatdiksarmil.

Pembekalan dalam rangkaian inspeksi sarana dan prasarana gedung mess Bintara Puslatdiksarmil tersebut juga dihadiri Direktur Pendidikan dan latihan (Dirdiklat) Kodiklatal Laksma TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si dan Komandan Puslatdiksarmil Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo. (Red/Dispen Kodiklatal)

BACA JUGA:  Tekan Laju Penyebaran Covid-19, Kodam XVII/Cenderawasih Bersama FKUB Keerom Gelar Serbuan Vaksinasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *