01/12/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dandim 0419/Tanjab : “Senjata Babinsa di Masyarakat Adalah Komunikasi”

2 min read

JAMBIDAILY NIPAHPANJANG – Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto memberikan motivasi kepada prajurit Koramil 04/Nipahpanjang di aula Makoramil setempat, Kamis (28/1/2021).

Danramil Nipahpanjang Kapten Inf Adil Tarigan, menyambut langsung kedatangan Dandim Tanjab tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Letkol Inf Erwan Susanto mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada anggota Koramil Nipahpanjang, karena masih bisa bertatap muka langsung dengannya ditengah situasi pademi seperti saat ini, meski dilaksanakan sesuai protokol kesehatan.

Dalam pengarahannya dihadapan para Babinsa Koramil Nipahpanjang, Dandim menyampaikan bahwa senjata Babinsa di tengah masyarakat adalah komunikasi, karena itu bisa menjadi indikator mendasar kesuksesan dalam bertugas.

“Kalau mau sukses paling mendasar adalah kemampuan komunikasi. Senjata Babinsa  di masyarakat adalah Komunikasi,” ujar Erwan.

Dikatakannya, satu di antara upaya menjalin komunikasi yakni dengan silaturahmi. Tidak jarang ketika kita berada di suatu daerah, akan bertamu ke kediaman warga yang ada di sana. “Dengan ketemu, ada energi positif yang dirasakan,”.

Baginya, dalam bersilaturahmi tidak perlu memandang kondisi sosial warga. Sebab, kata dia, yakin ada rasa senang bagi setiap orang yang didatangi. Lebih-lebih warga binaan kita sendiri. “Sesibuk-sibuknya kita, upayakan menjalin silturahim kepada siapa pun,” ujarnya.

Bagaimanapun, Babinsa memiliki tanggung jawab tugas dalam melayani masyarakat. Tentu dengan silaturahmi ini bakal tumbuh respek antar keduanya.

Unsur lain dalam komunikasi yakni rasa empati. Di mana kita bisa merasakan apa yang orang lain rasakan.

Kemudian, dalam berkomunikasi pastikan berbahasa secara sederhana, agar bisa ditangkap dengan baik. Yang tidak kalah penting adalah tetap rendah hati dan mengimplementasikan apa yang telah dikatakan sebelumnya.

“Aksi nyata itu juga harus. Sebab, ketika sudah menjalankan itu semua tanpa aksi nyata itu percuma,” ujarnya.

BACA JUGA:  Dansatgas TMMD Ke 111 Kodim Sarko Dampingi Danrem Cek Rehab RTLH

Baginya, Babinsa mutlak memiliki kemahiran komunikasi. Karena Babinsa bertugas langsung di tengah masyarakat.

“Komunikasi publik sangat penting, Babinsa adalah ujung tombak. Modal komunikasi menjadi bekal bersosialisasi dengan masyarakat,”.

Lebih lanjut Dandim juga mengingatkan sebagai aparat Babinsa terkadang kita menemukan sesuatu hal yang diluar kapasitas kita sebagai aparat Babinsa, tetapi yang terpenting bagi kita, ketika hadir ditengah tengah masyarakat harus memberi pengertian arti pemahaman akan kecintaan terhadap Bela Negara, agar Peran Babinsa dimata masyarakat berpengaruh demi terjaminnya Kamtibmas.

Terakhir, Jangan sekali – kali melakukan tindakan yang dapat mencoreng nama baik Satuan dan Institusi TNI, pungkasnya.

Usai memberikan pengarahan kepada anggota Koramil Nipahpanjang, selanjutnya Dandim menuju makam “Rangkayo Hitam” untuk melaksanakan Ziarah, disambut oleh Camat Berbak Bpk M.Yani S.E Anggota Polsek Berbak Pimpinan Aipda Aris. (**/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *