01/12/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Hadiri HPN 2021 di Jambi, Kapenrem 042/Gapu : “Semoga Insan Pers Selalu Terdepan Menyajikan Informasi”

3 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Sambut Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 dan Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Komandan Korem (Danrem) 042/Gapu, Brigjen TNI M Zulkifli, S.I.P.,M.M., melalui Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM. Hatta ucapkan selamat dan do’akan seluruh insan Pers se Indonesia selalu mejadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Terutama insan Pers yang ada di Provinsi Jambi.

Hal tersebut diungkapkan Kapenrem Mayor Hatta, Selasa (9/2) saat mewakili Danrem menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, ” Insan Pers diharapkan tidak hanya menjadi garda tedepan, tapi juga menjadi sumber terpercaya dan terunggul yang bisa mencerdaskan masyarakat dalam penyajian informasi”.

“Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2021, semoga insan Pers menjadi garda terdepan, terpercaya dan terunggul dalam penyampaian informasi kepada masyarakat,” kata Hatta.

Selain itu, Hatta juga mengharapkan Pers juga bisa menjadi garda terdepan dalam membasmi informasi Hoax yang bisa merugikan masyarakat serta mengganggu keamanan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pers membawa pesan risalah, menyampaikan pesan perdamaian serta profesional dalam menyajikan informasi yang mencerdaskan masyarakat,” ujarnya.

Kapenrem juga menyampaikan pesan Danrem, mengucapkan selamat HUT Ke-75 untuk PWI. Khususnya PWI Jambi yang diharapkan dengan bertambah usia ini juga terus menjadi organisasi terdepan sesuai peran menaungi insan Pers di Jambi. Termasuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan berbagai program untuk masyarakat.

Diantaranya dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terjadi di berbagai daerah. Begitu juga mensukseskan vaksinasi Covid-19 sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 yang saat ini juga terus di galakan pemerintah.

BACA JUGA:  130 Taruna AAL Tingkat 1 Arungi Laut Perdana Gunakan KRI Dewaruci dan KRI Surabaya

“Pandemi Covid-19 ini sudah sangat berdampak buruk pada perekonomian masyarakat. Untuk itu kita berharap PWI juga bisa terus mendukung pemerintah secara bersama-sama menangani wabah ini segera berakhir. Terutama dalam mensosialisasikan pentingnya vaksinasi kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Hatta lagi.

Pada kegiatan HPN tahun 2021 dan peringati HUT Ke-75 PWI yang diselenggarakan PWI Provinsi nampak berjalan lancar, aman dan sukses. Dimana Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 digelar bersama Presiden RI Joko Widodo, secara daring maupun luring. Di Jambi, puncak acaranya dilaksanakan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Selain mengikuti agenda acara nasional, pada hari bersejarah bagi keluarga besar wartawan seluruh Indonesia ini, PWI Provinsi Jambi juga menyerahkan piagam penghargaan kepada kepada 10 tokoh yang menerima PWI Jambi Award. Ke 10 tokoh tersebut lima dari birokrat dan 10 lagi kepada para wartawan senior yang sudah mendidikasikan dirinya untuk kemajuan Pers Jambi dan PWI Provinsi Jambi.

Lima tokoh dari Birokrat penerima PWI Jambi Award kali ini adalah Gubernur Jambi Fachrori Umar, Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, Bupati Tebo Sukandar, dan Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto. Lalu lima dari dari internal PWI, yaitu Mursyid Sonsang, Alamarhum Murman Toha, Almarhum Syamsul Watir, Almarhum Syamsuddin Noor dan Almarhum Daniel Sijan Pendiri Jambipos.

Selain PWI Jambi Award, PWI Provinsi Jambi juga menyerahkan piagam penghargaan khusus kepada Almarhum Syamsul Bahri Hasibuan atas dedikasi dan loyalitasnya selama menjadi pengurus dan anggota PWI Provinsi Jambi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PWI Provinsi Jambi, HR Ridwan Agus Depati mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi PWI Provinsi Jambi kepada kepala daerah atau birokrat yang peduli kepada kemajuan pers di Jambi. Selain itu mereka juga dinilai memiliki dedikasi, integritas dan menginspirasi dalam menjalankan tugas. ‘’ Selain itu ada juga penilaian khusus dari PWI. Yang jelas penerima PWI Jambi Award ini sudah melalui seleksi yang ketat,’’ katanya.

BACA JUGA:  Bantu Guru Perbatasan, Satgas Yonif 413 Bremoro Ajar Siswa Papua

Sebelumnya, menurut Ridwan Agus, PWI Jambi juga pernah memberikan PWI Jambi Award kepada sejumlah tokoh dan perusahaan di Jambi pada puncak HPN 2018 lalu. ‘’ Jadi ini merupakan yang kedua kalinya kita memberikan penghargaan,’’ ujarnya.

Perayaan puncak HPN kali ini berbeda dengan sebelumnya. Karena saat ini sedang pandemi covid-19, semua acara dilaksanakan full virtual. (**/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *