07/12/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peringati HPN 2021, Radar Tanjab Adakan Baksos Donor Darah

3 min read

JAMBIDAILY KUALATUNGKAL – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2021, dan menjelang HUT ke-15 Tahun Koran Radar Tanjab menggelar event bertajuk sosial atau bhakti sosial (Baksos) yaitu kegiatan aksi donor darah bertempat di Kantor Radar Tanjab yang  berlokasi di Jalan Prof.Sri Soedewi MS jalur dua Parit Gompong, Desa Pembengis, Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjungjabung Barat. Sebagai mana yang diagendakan oleh Panitia Pelaksana  sebelumnya acara  donor darah tersebut dibuka Bupati Tanjungjabung Barat, DR Ir H Safrial MS. Dan dengan mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku.

Kegiatan aksi sosial donor darah yang digelar Koran Radar Tanjab tersebut dengan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat sengaja dilaksanakan. Mengingat hingga saat ini masih di tengah pandemi  Corona yang melanda dunia.

Penanggung Jawab kegiatan donor darah Radar Tanjab, Yasmin Simamora mengungkapkan, aksi donor darah ini merupakan yang kedua kalinya digelar. Namun, momen kali ini dimasa pandemi, pihak  Radar Tanjab menggelar kegiatan sosial tersebut telah melalui prosedur perizinan dari instansi terkait, agar aksi donor darah yang digelar tidak menjadi ajang persebaran covid-19.

“Masa pandemi saat ini memang tidak mudah menjalankan kegiatan, maka kita dituntut harus mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan secara baik. Kegiatan ini dapat berlangsung setelah melalui diskusi yang panjang dengan Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19  Tanjungjabung Barat. Alhamdulillah hari ini kami dapat menyelenggarakan kegiatan donor darah dengan bantuan berbagai pihak, terutama Unit Transfusi Darah Rumah Sakit KH Daud Arif Kualatungkal yang menurunkan Tim Medis guna terwujudnya kegiatan sosial ini,” ungkap Yasmin dihadapan Bupati Tanjungjabung Barat, yang sengaja hadir membuka acara donor darah yang berlangsung ini.

Bertepatan dengan bulan ini, yang merupakan moment akbar insan pers se Indonesia, yaitu Hari Pers Nasional (HPN) yang baru saja diperingati 9 Februari lalu, Yasmin mengungkapkan, bahwa pihaknya sengaja mengadakan kegiatan bakti sosial  ini sebagai wujud memperingati HPN 2021.”Kami insan pers setiap bulan Februari merayakan HPN, untuk itu dalam rangka tersebut kegiatan aksi donor darah tersebut digelar,” tutur Yasmin.

BACA JUGA:  Camat Masuk Gang Ajak Warga Vaksinasi

Pada kesempatan tersebut, Yasmin Simamora juga mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada semua pihak sponsor dan masyarakat di sekitar Kantor Koran Radar Tanjab yang turut mensukseskan even sosial ini.  ‘’Saya ucapkan terima kasih atas suport dan bantuan sponsor, sehingga even sosial ini bisa berjalan lancar, ‘’ucapnya sembari menutup sambutan.

Sementara itu Bupati Tanjungjabung Barat, DR Ir H Safrial  MS dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi para insan pers yang memiliki kepedullian terhadap pembangunan daerah ini.

“Saya sangat berterima kasih atas kepercayaan pers di daerah ini, karena pemerintahan tanpa kritik akan berjalan kurang baik, pemerintah yang baik mengharapkan relasi pers yang bekerjasama dengan baik, berani mengatakan hal yang tidak baik untuk koreksi, kadang saya diam saat dikritik, bukan saya tidak merespon, saya dikritik saya mengambil pelajaran dari hal itu, terima kasih atas kritikan rekan-rekan pers,” ucap Bupati Safrial yang akan memasuki masa purna bakti Kamis mendatang.

Mengenai kegiatan aksi donor darah yang digelar Radar Tanjab, Bupati juga mengapreasiasi hal ini. Menurutnya, di masa pandemi saat ini setetes darah sangat besar nilainya bagi yang membutuhkan.

“Dalam masa Pandemi ini setetes darah sangat berarti bagi yang membutuhkan, bagi yang mengambil darah harus bebas covid-19, tolong dicek dengan benar.” pesan Bupati.

Sementara itu, Dokter Penanggung Jawab Donor Darah UTD RS KH Daud Arif Kualatungkal, dr Rahmi ketika diminta tanggapannya menjelaskan, setelah melalui pemeriksaan kesehatan secara seksama oleh Tim Medis dari RSUD KH Daud Arif Kualatungkal, para pendonor yang hadir lalu menjalani proses pengambilan darah sesuai prosedur medis yang berlaku dr Rahmi beserta rekan-rekan tim medis lainnya bekerja profesional dalam melakukan tindakan transfusi darah terhadap para pendonor, relawan kemanusiaan tersebut.

BACA JUGA:  Gandeng Pemdes, TNI-Polri Ajak Warga Patuhi Prokes

Menurut dr Rahmi, kegiatan aksi donor darah yang digelar Koran Radar Tanjab merupakan kegiatan kemanusiaan yang besar manfaatnya terhadap pasien di rumah sakit yang membutuhkan bantuan transfusi darah.”Yang jelas dengan diadakan kegiatan ini, sangat  bermanfaat banyak pasien di rumah sakit membutuhkan transfusi darah.” sebut dr cantik ini. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *