Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Babinsa Koramil Tabir Terus Edukasikan Wajib Pakai Masker

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Babinsa Koramil 420-08/Tabir Kodim 0420/Sarko Sertu Alkandi tak putus mengajak warga untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

Inilah salah satu rutinitas Sertu Alkandi dalam pelaksanaan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga binaan Desa Muarasekutuk Kecamatan Tabir Ulu Kabupaten Merangin, Selasa (23/2/2021).

Dalam kegiatan ini, Sertu Alkandi melakukan sosialisasi penegakan disiplin Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 kepada warga Desa binaanya.

Bentuk kegiatan dengan mengingatkan warga agar memakai masker saat berada di keramaian dan saat beraktivitas diluar rumah, dimaksudkan untuk mencegah sekaligus memutus rantai penyebaran Virus Corona ini.

“Jangan jadikan masker hanya sebagai pajangan, dan tidak menggunakannya untuk menutup hidung dan mulut. Karena kedua tempat ini merupakan salah satu tempat masuknya Virus Corona kedalam tubuh, selain dari mata,” ucap Alkandi.

Cara Virus Corona masuk melalui mulut, hidung dan mata adalah melalui tangan yang menyentuh ketiga area tersebut, sehingga untuk mencegahnya harus dilindungi dengan memakai masker atau Face Shield (pelindung wajah) yang banyak dijual di pasaran.

“Jadi, inilah mengapa sosialisasi wajib pakai masker terus digencarkan kepada warga yang beraktivitas di luar rumah atau berada di keramaian. Karena, di lokasi inilah kita bisa menyentuh droplet Virus Corona pada benda-benda atau kontak fisik dengan orang yang memiliki gejala, dan tanpa menyadarinya menularkan kedalam tubuh melalui sentuhan pada mulut, hidung atau mata,” urainya.

Langkah pencegahan lain dari infeksi Virus Corona, lanjut Sertu Alkandi, adalah dengan melakukan cuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun pada air mengalir.

Kemudian melakukan jaga jarak aman minimal 1,5 meter dengan orang lain saat berada di keramaian, berdiam diri di rumah dan hanya keluar apabila memang penting, tidak mudah stress, dan rajin berolahraga serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

BACA JUGA:  KRI Kurau 856 Unsur Satrol Lantamal II Temukan Puing Diduga Milik Pesawat Sriwijaya Air

“Pemerintah telah mengeluarkan imbauan disiplin Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. Salah satunya melakukan gerakan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Karenanya, patuhi anjuran ini agar selamat dan tetap aman beraktivitas di tengah situasi wabah Covid-19,” tandasnya.

Terpisah, Danramil 420-08/Tabir Kapten Kav Mahnun menjelaskan, Sosialisasi yang dilakukan Sertu Alkandi untuk mengingatkan warga tentang Pandemi penyebaran Virus Corona yang sampai saat ini masih belum selesai.

“Untuk itu Koramil 420-08/Tabir menurunkan Babinsa untuk menghimbau kepada seluruh masyarakat Muara Sekutuk agar selalu mentaati himbauan dari pemerintah untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Diharapkan, dengan selalu melakukan 3 M dapat memutus mata rantai Covid-19 khususnya di wilayah Kecamatan Tabir Ulu, pungkasnya. (**/red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *