01/12/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Yusmada Jabat Kadis SDA DKI, Sampaikan Program Pengendalian Banjir

2 min read

JAMBIDAILY JAKARTA – Yusmada Faizal menyampaikan beberapa program untuk mengendalikan banjir, salah satunya mengendalikan air hujan. “Satu, kita harus mengendalikan air yang datang dari langit Jakarta.

“Ini memang revitalisasi polder-polder air membangun polder baru. Kalau nggak salah ada 10 polder yang akan kita bangun,” kata Yusmada di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dilansir dari laman detikNews, Selasa (23/2/2021).

“Terus aliran dari hulu kita akan coba kendalikan debitnya melalui pembangunan waduk- waduk besar, Waduk Pondok Rangon, Brigif, Lebak Bulus itu air dari selatan. Dan yang dari arah rob kita akan bangun tanggul pantai, meneruskan yang (tahun) kemarin,” ucapnya.

Yusmada mengatakan Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan dana untuk pembebasan lahan revitalisasi beberapa sungai. Dana tersebut sebanyak Rp 1 triliun.

“Tahun lalu kan kita sudah melaksanakan sekitar, saya datanya saya ini dulu, ada Rp 340 miliar yang sudah kita selesaikan di Ciliwung dan di Sunter dan tahun ini akan ada anggaran sekitar Rp 1 triliun untuk membebaskan kali-kali itu dengan waduk-waduk,” katanya.

Sebelumnya, pada Selasa (23/2/) pukul 13.00 WIB, Yusmada, Alumni SMA Negeri V Palembang ini dilantik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menggantikan Juaini, yang menjadi Wakil Wali Kota Jakarta Utara bersama 13 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dan pengukuhan Kepala Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta.

Pelantikan itu merujuk pada dasar hukum SK Kepala BKN Nomor 3/KEP/2021, SK KASN Nomor B-836/KASN/02/2021 dan B-874/KASN/02/2021, SK DPRD Provinsi DKI Jakarta Nomor 1184/-071.82/2020 dan Nomor 76/-071.82/202, serta Kepgub Provinsi DKI Jakarta Nomor 1184/-071.82/2020 dan Nomor 76/-071.82/2021.

BACA JUGA:  Tambah 2.719, Kasus Positif Corona di RI Hari Ini Pecah Rekor Tertinggi

Berikut 13 pejabat yang dilantik Anies hari ini :

  1. Julia Leli Kurniatri, sebagai Kepala Kantor Regional V BKN Jakarta
  2. Sigit Wijatmoko, sebagai Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta
  3. Afan Adriansyah Idris, sebagai Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta
  4. Syaefuloh Hidayat, sebagai Inspektur Provinsi DKI Jakarta
  5. Dhany Sukma, sebagai Wali Kota Jakarta Pusat
  6. Ali Maulana Hakim, sebagai Wali Kota Jakarta Utara
  7. Maria Qibtya, sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta
  8. Yusmada Faizal, sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta
  9. Premi Lasari, sebagai Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta
  10. Chaidir, sebagai Wakil Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta
  11. Juaini, sebagai Wakil Walikota Jakarta Utara
  12. Bayu Meghantara, sebagai Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda Provinsi DKI Jakarta
  13. lin Mutmainnah, sebagai Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Barat.

Dalam sambutannya, Anies berpesan kepada para pejabat yang baru dilantik harus membawa kebaruan dalam program kerjanya. Dia mengajak jajarannya saling bekerja sama.

“Saat ini, kita harus memikirkan suatu kebaruan akan dibawakan di tempat yang baru, lalu siapkan langkah untuk benar-benar membawa kebaruan. Sejauh ini, ada tantangan yang tidak kecil dan itu sedang kita hadapi bersama sama. Kita sama-sama menghadapi musim hujan, khusus kepada Kepala Dinas Sumber Daya Air yang telah ada pengalaman, jika sudah mendapatkan amanat, untuk segera mengorganisir kekuatan kita dalam menanggulangi musim penghujan. Segera pastikan pengelolaan kita di sana berjalan dengan sebaik-baiknya,” ujar Anies melalui keterangan tertulis. (**/red/man/eva)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *