29 Maret 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pimpin Rakernis, Kadispenad Berharap Kinerja Penerangan TNI AD Semakin Profesional

3 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus, S.E.,M.M. memimpin Rapat Kerja Teknis Penerangan (Rakernispen) TNI AD TA. 2021 bertempat di Hotel Pullman Podomoro City Jakarta Barat, Senin (1/3/2021).

Dalam pengarahannya Kadispenad menyampaikan beberapa program kerja yang berkaitan dengan tugas dan fungsi Penerangan di lingkungan TNI AD, serta mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya pada TA. 2020, dalam rangka memperbaiki kinerja Penerangan TNI AD yang lebih baik ke depan khususnya pada TA. 2021.

“Saya menghendaki agar Kinerja Penerangan TNI AD khususnya pejabat satuan Penerangan semakin lama, semakin membaik dan Profesional serta dapat menjawab tantangan tugas ke depan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD,” ujar Nefra.

Sementara itu, Komandan Pusat Sandi dan Siber TNI AD (Danpussansiad) Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie pada paparannya tentang Strategi Pengamanan Website dan Media Sosial mengatakan bahwa harus ada koordinasi yang terintegrasi antara unsur Sandi, Intelijen dan Penerangan terkait penangkalan dan penindakan terhadap serangan Siber berupa virus dan malware yang berulang kali terjadi terhadap Website dan Sosial Media jajaran TNI AD.

Menurut Iroth ancaman Siber ada berbagai macam sehingga perlu memperkuat komunitas guna melindungi infrastruktur kritis di lingkungan Angkatan Darat, termasuk juga mengantisipasi potensi ancaman non fisik lainnya.

Dalam acara Rakernispen juga disajikan pembekalan tentang PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) yang dipaparkan oleh Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edies Riyanto, M.Si. Dalam paparannya Edies mengatakan bahwa PPID sebagai tindak lanjut dari UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik harus dilaksanakan dan ditindaklanjuti oleh PPID di lingkungan TNI AD beserta jajarannya sebagai PPID pelaksana sesuai Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor 692 tanggal 8 September 2020 tentang Pengangkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan TNI AD.

Selanjutnya Rektor Universitas Sahid Prof. Dr. Ir. H. Kholil, M.Kom. dalam paparannya tentang “Meningkatkan Literasi Media Untuk Membangun Strategi Komunikasi Publik Dalam Rangka Meningkatkan Citra TNI AD” mengungkapkan bahwa pentingnya merekonstruksi kembali suatu berita menjadi suatu informasi yang baru.

” Hal ini penting dilakukan dalam rangka memberikan pengaruh pembentukan opini yang luar biasa bagi publik atas suatu berita atau informasi yang dikemas secara baik melalui literasi media,” ungkapnya.

Kegiatan Rakernispen diikuti oleh 114 pejabat Penerangan TNI AD dari unsur Kotama (Komando Utama) dan Balakpus (Badan Pelaksana Pusat) TNI AD serta unsur Penerangan tingkat Korem.

Berpedoman pada protokol kesehatan, Rakernispen yang diselenggarakan dengan salah satu agenda mengunjungi Komplek MNC Media Group dalam rangka silaturahmi media dan study banding.

Hadir pula pada kegiatan Rakernispen TNI AD antara lain Kapussansiad, Kabidpenum Puspen TNI, Sesdispenad dan perwakilan Puscabfung jajaran TNI AD. (**/red/dispenad)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

95 − = 92