Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dalam Suasana COVID-19, TMMD ke-110 Kodim 0415/Batanghari Resmi Dibuka

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Kodim 0415/Batanghari Tahun 2021 yang dipusatkan di Desa Sungaiterap Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muarojambi, Selasa (2/3/2021), secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Muarojambi, Bambang Bayu Suseno.

Namun, acara pembukaan TMMD ke-110 kali ini sangat jauh dari kata meriah, mengingat masih dalam kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Sehingga acara dilaksanakan secara sangat sederhana, dengan tidak adanya gelar pasukan peserta TMMD, serta tetap diterapkannya protokol kesehatan.

Seperti, setiap peserta undangan diwajibkan mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke lokasi acara, dilakukan pengukuran suhu tubuh dan penerapan physical distancing dengan mengatur kursi tempat duduk undangan.

Komandan Kodim 0415/Batanghari, Kolonel Inf J Hadiyanto menyebutkan jika pada pelaksanaan TMMD ke-110 di Kabupaten Muarojambi kali ini akan dipusatkan pada dua desa, yaitu Desa Sungaiterap Kecamatan Kumpeh Ulu dan Desa Mekarjaya Kecamatan Sungaigelam, dengan dua target kegiatan yang akan diselesaikan, yakni kegiatan fisik dan non fisik.

Untuk kegiatan fisik, selama sebulan kedepan pihaknya menargetkan penyelesaian beberapa proyek pembangunan infrastuktur serta fasilitas umum dan sosial. Seperti, pembangunan jalan, termasuk pembangunan jembatan kayu dan gorong gorong, rehab Poskamling dan rumah layak huni (RLH).

“Kami akan membangun jalan penghubung antara Desa Sungaiterap dengan Desa Sungaigelam sepanjang 5.350 meter dan dari desa Mekarjaya menuju Desa Talangbelido sejauh 4.400.meter. Jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi jalan memutar, namun cukup melalui jalan pendekat dan bisa lebih menghemat waktu tempuh.

Kemudian kami juga membangun jembatan kayu di beberapa titik untuk penyeberangan antara kedua desa tersebut, Selain itu juga ada tambahan sasaran yakni rehab rumah tidak layak huni tiga unit serta beberapa pos kamling.

BACA JUGA:  Satgas Yonarmed 6 Bantu Pihak Kecamatan Miomaffo Barat Lakukan Patroli BBM

“Kami targetkan sebelum akhir bulan Maret mendatang, seluruh pekerjaan fisik ini telah rampung,” jelas Hadiyanto.

Sementara untuk kegiatan non fisik, dalam kegiatan TMMD kali ini juga dilakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pertanian, penyuluhan kesehatan terutama terkait COVID-19 dan juga pembagian paket sembako.

“Untuk kegiatan non fisik, kami melaksanakan berbagai penyuluhan, seperti penyuluhan pertanian, penyuluhan kesehatan terutama yang berkaitan dengan kondisi pandemi COVID-19, serta pembagian paket sembako kepada masyarakat, yang merupakan kolaborasi dari Dinas Sosial Muarojambi dan TNI,” ujar Dandim. (**/red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *