Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Babinsa Ajak Warga Peduli Kebersihan Lingkungan

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Kebersihan adalah salah satu bagian penting di dalam Islam. Kebersihan, kesehatan dan kesucian merupakan bagian dari kesempurnaan nikmat yang diberikan Allah SWT kepada hambanya.

Sangat jelas bahwa kebersihan dan kesucian merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keimanan.

Oleh sebab itu, orang yang tidak menjaga kebersihan, kesehatan dan kesucian sama halnya dengan telah mengabaikan sebagian dari nilai keimanannya.

Dalam rangka menjaga kebersihan khususnya lingkungan di wilayah, Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E berinisiatif memerintahkan Babinsanya untuk berbaur dan menyebar ditengah masyarakat guna menggugah kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dan bahaya kebakaran lahan pekarangan.

Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa puncak musim penghujan telah berakhir pada bulan Februari kemarin dan sekarang telah mulai memasuki musim kemarau, sehingga bahaya kebakaran menjadi pemicu bencana di musim kemarau ini. Ibarat momok yang sering menghantui warga, sehingga perlu keseriusan dan kesungguhan untuk menyikapinya.

Selain itu masih banyak ditemukan tempat-tempat yang tidak semestinya dijadikan tempat pembuangan sampah secara sembarangan dan memusnahkannya dengan cara dibakar tanpa mempertimbangkan dampak yang ditimbulkannya.

“Sosialisasi oleh Babinsa kepada warga masyarakat tentang kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah serta membakarnya secara sembarangan, harus terus dilakukan karena berdampak pada kesehatan dan bahaya kebakaran yang tidak dapat dielakkan lagi.” jelas Danramil.

Menurut Danramil, Islam secara jelas telah melarang membuang sampah serta puntung rokok secara sembarangan, sebab selain dapat mencemari lingkungan, juga dapat menimbulkan bahaya kesehatan dan bahaya lainnya bagi orang lain.

Danramil berharap Babinsanya dapat melaksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab, dengan menggandeng tokoh-tokoh masyarakat dan elemen kelompok masyarakat lainnya.

BACA JUGA:  Awak Media Menyerbu Makorem 083/Baladhika Jaya

Danramil mengapresiasi Babinsa kel. Kenali Besar Kec. Alam Barajo kota Jambi, yang telah memulai tugas sosialisasi di Rt. 09 tersebut pada hari ini, Rabu (03/03/2021).

Menjaga lingkungan dari kerusakan dan kebakaran dengan bergotong royong, bekerjasama dengan semua pihak untuk menyadarkan perilaku masyarakat untuk tidak membuang sampah dan puntung rokok sembarangan, merupakan tindakan yang sangat terpuji dan dianjurkan oleh agama, imbuhnya. (**/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *