19 April 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kemenkes RI Telah Distribusikan 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZaneca

2 min read

JAMBIAILY NASIONAL-Kemenkes RI telah mendistribusikan 1,1 juta dosis vaksin AstraZaneca untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 di tujuh provinsi;  DKI Jakarta, Jatim, Bali, NTT, Kepulauan Riau, Maluku, dan Sulawesi Utara.

1,1 juta dosis tersebut akan digunakan untuk vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi menyebutkan, masa kedaluwarsa dari 1,1 juta dosis vaksin itu yang akan jatuh tempo pada akhir Mei 2021. Dan untuk penyuntikan dosis kedua, akan menggunakan vaksin AstraZeneca yang akan kembali didatangkan pada April 2021.

Vaksin AstraZeneca sudah mulai digunakan untuk vaksinasi Covid-19 pada Senin (22/3/2021)

Pengembangan vaksin AstraZeneca telah dimulai sejak awal pandemi 2020 lalu. Universitas Oxford bekerja sama dengan perusahaan Inggris-Swedia, AstraZeneca, mengembangkan vaksin Covid-19 bernama resmi AZD1222. Pengembangan itu ditangani Vaccitech, anak perusahaan AstraZeneca.

Pegembangan vaksin AstraZeneca menggunakan platform Non-Replicating Viral Vector (ChAdOx 1). Singkatnya, ia dikembangkan dari virus flu simpanse (adenovirus) yang dapat menyampaikan instruksi ke sel tubuh manusia agar melawan virus penyebab Covid-19, demikian sebagaimana dikutip dari laman fajarbanten.com.

WHO merilis, vaksin AstraZeneca yang diberikan 2 dosis dengan interval 8-12 pekan memiliki tingkat efikasi (kemanjuran) 63,09 persen untuk menangkal infeksi Covid-19.

Adapun berdasar laporan The New York Time, efikasi vaksin AstraZeneca, yang diberikan dua dosis dengan interval 12 pekan, bisa mencapai 82,4 persen. Kesimpulan itu berdasar analisis data yang dirilis oleh AstraZeneca pada awal Februari 2021.

Vaksin AstraZeneca juga telah disetujui oleh WHO untuk masuk dalam Emergency Use Listing. Ia termasuk vaksin kedua yang masuk daftar EUL WHO setelah vaksin Pfizer.

Pada 15 Februari 2021, WHO memasukkan dua varian vaksin AstraZeneca, yakni yang diproduksi AstraZeneca-SK Bioscience (Korea Selatan) dan Serum Institute of India, dalam daftar penggunaan darurat (EUL).

Kedua versi tersebut sekaligus diizinkan untuk didistribusikan melalui fasilitas COVAX, sebuah kerja sama multilateral untuk memastikan semua orang di dunia bisa menerima vaksin Covid-19.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

89 − = 82