27/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Taruna Akademi AL Korps Marinir Gelar Latihan Operasi Amfibi Karkata Yudha

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – 25 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Korps Marinir Angkatan ke-67 tampak bersiap dengan Pakaian Dinas Lapangan Tempur, mulai helm, ransel, lifevest dan senjata panjang kaliber 5,56 mm membentuk barisan untuk mengikuti pembukaan Latihan Praktek Karkata Yudha di depan Gedung Usman Harun, Departemen Marinir, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Kamis (8/4).

Kepala Departemen Marinir (Kadepmar) AAL, Letkol Marinir Datuk Sinaga yang bertindak selaku Pimpinan Latihan (Pimlat), mewakili Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) membuka kegiatan Lattek Karkata Yudha yang akan berlangsung selama 12 hari ini.

Menurut Kadepmar AAL, Latihan Praktek Karkata Yudha adalah latihan yang mempraktekkan materi kuliah Operasi Amfibi (Opsfib) yang telah diajarkan sebelumnya kepada Taruna di bangku kuliah di AAL.

Lattek Karkata Yudha ini lanjutnya, bertujuan untuk mendidik dan membekali para Taruna agar memiliki keterampilan tentang tugas teknik dan taktik Opsfib tingkat Peleton, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan untuk melaksanakan tugas sebagai Danton Infanteri dan jabatan lain yang setingkat di satuan kerja Marinir serta mampu mengembangkan pribadi sebagai kader pemimpin TNI AL kedepan.

Pada Latihan Praktek kali ini, AAL melibatkan para pelatih handal dari Pusat Latihan Pasukan Pendarat (Puslatpasrat), Kolatmar, dari Resimen Kavaleri (Menkav) 2 Marinir, dari Satuan Amfibi (Satfib) Komando Armada II dibantu oleh Pelatih dan pendukung dari AAL serta sebagai pasukan pendamping ditunjuk Pasukan Marinir dari Brigade Infanteri (Brigif) 2 Marinir.

Sementara itu Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat), Letkol Marinir Syamsul Bahri, M.Tr(Hanla) menerangkan skenario Latihan Praktek Karkata Yudha yang akan dijalankan para Taruna ini antara lain materi Latihan teknik yang meliputi Organisasi Yonif/BTP, Staf 1,2,3,4, teori dan latihan praktis secara taktik serta teknik Raid Amfibi dan Pendaratan, materi naik turun jaring, keluar masuk RRF dan sekoci, mendayung Perahu Karet, Raid Amfibi dan Opsfib.
.
Untuk menambah moril taruna, Gubernur AAL sebagai penanggung jawab seluruh Lattek Karkata Yudha dijadwalkan hadir meninjau latihan pada hari “H” dan jam “J” pendaratan yang direncanakan pada tanggal 12 April 2021 mendatang di Pantai Sekar Putih, Bangkalan, Madura, Jawa Timur.
.
Saat Pendaratan ini tambahnya, akan diproyeksikan kekuatan alutsista TNI AL dari jajaran Koarmada II seperti KRI SBY-591, Landing Craft Unit (LCU), Landing Craft Vehicle Person (LCVP), Perahu Karet (PK), dan material pendarat lainnya serta Pasukan Pendarat (Pasrat) gabungan antara Taruna dan prajurit Marinir. (Pen AAL)

BACA JUGA:  Pra TMMD Waktu yang Tepat Siapkan Bahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *