18/05/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dukung Rebut Pasar Global, KPP BC Kuala Tungkal Gelar Pelatihan Prosedur Ekspor

2 min read

Rebut Pasar Ekspor Bidang Perikanan (Ft:Detikfinance.com)

JAMBIDAILYTANJABBAR-Mendukung para pengusaha Jambi merebut potensi pasar global, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Wilayah Sumatra Bagian Timur, menggelar “Pelatihan Prosedur Ekspor Menuju Pasar Global”.

“Melalui kegiatan ini kita harapkan memberikan kepada masyarakat terkait prosedur ekspor, khususnya bagi masyarakat Tanjabbar yang memiliki potensi komoditi pertanian dan perikanan.  Potensi ini kalau dapat menembus pasar ekpor akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”papar Plh Kepala KPPBC TMB B Jambi, Heri Sustanto, saat membuka kegiatan tersebut, Jumat (09/04/2021) di Kantor Pembantu Pelayanan Bea dan Cukai Kuala Tungkal.

Dia berharap melalui sharing knowledge ini, masyarakat dapat mengerti dan paham peran pelayanan Bea dan Cukai.

Sementara itu, Dodi Pribadi, selaku Pejabat Fungsional BC/ Ahli Pertama KPPBC TMP B Jambi mengungkapkan, bahwa kegiatan semacam ini tidak hanya dilakukan sekali ini saja.

“Kami berencana akan meningkatkan skala yang lebih besar, kami punya rencana akan berdiskusi dengan pihak-pihak terkait, khususnya di wilayah Kabupaten Tanjabbarat, seperti, Pemda, Disperindag, serta para pemuda, para petani, himpunan nelayan,”ungkapnya.

Kami tidak bisa berjalan sendiri tanpa bantuan dan kerjasama masyarakat. Kami yakin dan percaya ketika masyarakat Kuala Tungkal  semakin faham, mengerti dan bisa bersinergi dengan instansi pemerintah dengan baik.

“Tungkal akan lebih maju karena banyak potensi yang ada disini,”tambah Dodi.

Ketua DPC HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Syufrayogi Syaiful, S.IP, mengapresiasi pelatihan ini.

Menurutnya, pelatihan semacam ini perlu dilakukan untuk memberikan pengetahuan baru bagi calon-calon Eksportir.

“Saya mengapresiasi pelatihan-pelatihan semacam ini, guna memberikan Edukasi kepada calon- calon Eksportir khusus nya kaum Milenial yang punya potensi” ungkapnya.

Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa narasumber berkompeten dibidangnya, Seksi PKC  Leonardo, Meiliyan dan Paiman tentang Karantina Ikan serta Ibu Anita tentang Karantina tumbuhan.

BACA JUGA:  Hadiri Peresmian Pelabuhan Roro, Ini Harapan Bupati Tanjabbar

Penulis : Hamdi//Editor : Hery FR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *