23/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Danrem 042/Gapu : Bawaslu Jambi Agar Lakukan Pengawasan Ketat di 5 Kabupaten

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Pasca pembacaan putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi oleh Mahkamah Konstitusi (MK), maka Bawaslu Provinsi Jambi menggelar Rakor guna membahas kesiapan Bawaslu dalam pelaksanaan PSU Pilgub Jambi bertempat di kantor Bawaslu, Selasa (18/5/2021)

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli,S.I.P,M.M yang juga menghadiri rapat tersebut, mengatakan bahwa Bawaslu harus mengadakan Pengawasan ketat dan fokus pada praktek politik uang yang diprediksi cukup tinggi.

Potensi politik uang cukup besar, itu perlu kita cegah dan awasi secara ketat. Selain itu juga kerawanan intimidasi terhadap ASN, ungkapnya.

Dalam perhelatan PSU yang sudah dekat waktunya, kandidat dilarang untuk melaksanakan kegiatan resmi untuk berkampanye seperti halnya tahapan Pilkada serentak Desember lalu.

Untuk diketahui bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia menyatakan PSU akan dilaksanakan di 88 TPS yang terjadi di 5 Kabupaten di Provinsi Jambi. 5 daerah yang melakukan PSU, yakni Muarojambi, Batanghari, Tanjung jabung Timur, Sungaipenuh, dan Kerinci.

Tidak kalah pentingnya sosialisasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan Prokes Juga harus di lakukan agar tidak terjadi lonjakan penderita Covid 19 pasca pelaksanakan PSU.

“Potensi politik uang cukup besar, itu perlu kita cegah dan awasi secara ketat. Selain itu juga kerawanan intimidasi terhadap ASN,” ungkap Danrem Brigjen TNI M Zulkifli.

Bawaslu Provinsi Jambi siap melaksanakan putusan MK, dan saat ini lembaga pengawas Pemilu sudah melakukan konsolidasi internal terkait anggaran dan sumberdaya manusianya”, sebut Afrizal selaku yang mewakili ketua Bawaslu.

Lebih lanjut dikatakan Afrizal bahwa Bawaslu Provinsi Jambi akan meningkatkan pengawasan terhadap pelanggaran di PSU nanti. Disamping itu, pihaknya mengingatkan potensi daerah rawan terjadinya pelanggaran pelaksanakan PSU dari berbagai segi dan sumber yang akan merusak hasil PSU dari tahap awal hingga sesudah pelaksanaan PSU”

BACA JUGA:  Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Jember Gelar Operasi Yustisi Skala Besar

Acara berjalan lancar tertib dan aman dengan tetap melaksanakan Protokol kesehatan. (Penrem 042/Gapu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *