27/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pantau Penerapan Prokes di Bandara Jambi, Wali Kota Turun Langsung

2 min read

JAMBIDAILY KOTA JAMBI – Selama masa arus balik pasca mudik lebaran 1442 H, seluruh daerah masih melakukan pengetatan-pengetatan di pintu masuk, tak terkecuali di Bandara. Kamis  (20/5), Walikota Jambi, Syarif Fasha meninjau langsung Bandara Sultan Thaha Jambi guna memastikan pengetatan dilakukan dengan baik.

Didampingi unsur Forkompinda Pemkot Jambi, Syarif Fasha secara bergantian mengecek beberapa ruang tunggu yang ada di Bandara Sultan Thaha Jambi. Bahkan ia terlihat tak segan menegur penumpang, yang terlihat berkerumun dan berdekatan.

“Itu bapak, tolong duduknya jangan dekat-dekat. Jaga jaraknya,” tegur Fasha kepada beberapa penumpang di ruang tunggu keberangkatan Bandara Sultan Thaha Jambi.

Kemudian, Syarif Fasha dan rombongan bergeser ke Pintu Kedatangan Bandara Sultan Thaha Jambi. Pukul 10.30, sejumlah penumpang pesawat Garuda tiba. Mereka satu per satu bergantian untuk dapat keluar dari pintu kedatangan dengan terlebih dahulu dicek dokumen kesehatan dan suhu tubuh mereka.

Tak hanya itu, sebagai sample beberapa penumpang kembali dilakukan rapid test ulang guna memastikan penumpang dalam keadaan sehat. “Dari beberapa sample tadi, semua hasilnya negatif. Kita juga berikan arahan ke KKP, Puskesmas, Babinsa, Babhinkamtibmas tentang apa-apa yang harus dilakukan saat mengambil secara acak sample-sample nya tadi,” terang Fasha.

Masih kata Fasha, hasil rapid antigen tadi akan dibuat surat keterangan agar bisa dipakai sebagai keperluan kepulangan atau lainnya. Mengenai prokes di Bandara Sultan Thaha Jambi, Fasha mengatakan sudah bagus.

“Untuk prokes sudah ketat. Semua pihak terlibat untuk mensupport ini, tentu kita harapkan tidak ada klaster-klaster baru. Apalagi pasca Idul Fitri dan arus balik mudik. Saya pastikan bandara aman,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Jambi, Ali Isa Wardhana mengatakan, pengetatan prokes di Bandara ini telah sesuai dengan arahan Kementerian. Penumpang yang tiba akan terlebih dahulu dicek suhu tubuh dan dokumen kesehatan mereka.

BACA JUGA:  Bupati Muarojambi dan Ketua DPRD Pisah Sambut Kapolres Muarojambi

“Kita ambil beberapa sample untuk dirapid ulang. Dari 30 penumpang, 10 nya kita ambil acak. Ini untuk memastikan mereka yang datang ke Jambi dalam keadaan sehat,” jelasnya. (*/HN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *