29 Maret 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

PJ Gubernur Jambi hadiri Apresiasi dan Penganugerahan Pemenang Inovasi Produk Daerah

2 min read

JAMBIDAILY ADV – Pj.Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si, Menghadiri Apresiasi dan Penganugerahan Pemenang Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2021 di Aula Balitbangda Provinsi Jambi (Rabu, 02/06/2021).

Rendahnya nilai tambah komoditi unggulan daerah masih menjadi salah satu kendala dalam pengembangan ekonomi lokal. Maka dari itu, perlu pendekatan kreativitas dan inovasi yang membudaya di tengah masyarakat, sebagai faktor pengungkit (leverage) di tengah pergeseran ekonomi yang berbasis indusri menuju ekonomi berbasis pengetahuan.

Inovasi dapat diperoleh melalui discovery (penemuan), invensi (penciptaan, perancangan) maupun pembaharuan suatu produk dengan metode atau cara yang baru. Pada konteks ini, inovasi dapat diartikan sebagai kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada dalam produk atau proses produksi.

Kemudian, pengaplikasian inovasi dapat dibedakan dalam tiga bentuk, yakni: inovasi produk (product innovation), inovasi dalam pelayanan (service innovation) dan inovasi proses (process innovation). Inovasi produk merupakan pemunculan produk baru. Inovasi pelayanan adalah cara baru dalam bentuk pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan. Sedangkan inovasi proses adalah sebuah cara baru untuk membuat proses dalam menghasilkan produk atau jasa menjadi lebih ekonomis.

“Kehadiran inovasi di Provinsi Jambi telah dinaungi oleh payung hukum, dengan hadirnya Peraturan Daerah Provinsi Jambi Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Inovasi di Daerah. Peraturan Daerah ini mengamanahkan agar inovasi di Provinsi Jambi dapat ditumbuhkembangkan secara masif,” Ujar PJ Gubernur.

Lomba Inovasi Produk Daerah Tahun ini mengusung tema “Meningkatkan Daya Saing Komoditi Nanas dan Pinang melalui Pendekatan Kreativitas, Inovasi dan Teknologi di Provinsi Jambi.” Saya berharap melalui ajang kompetisi seperti ini, selain menjadi media dalam menumbuhkembangkan inovasi di Provinsi Jambi, juga dapat melahirkan inovator-inovator yang dapat menciptakan inovasi yang menjadi solusi-solusi dalam meningkatkan perekonomian lokal.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya menyampaikan selamat kepada para pemenang Lomba Inovasi Produk Daerah, dengan harapan semoga kegiatan ini dapat menjadi stimulus dalam berkreasi dan berinovasi di kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat di Provinsi Jambi,” Tandasnya. (*/HN/Adpim Prov Jambi)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

44 − 43 =