22/09/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Menjaga Amanah, Berbagi Kasih Ditengah Pandemi

2 min read

JAMBIDAILY PROFIL-Meski terlihat lelah, namun tidak menyurutkan langkah Pengurus Langgar Mustaqim yang berada di kawasan RT 09 Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi untuk mencari hewan Qurban yang telah dipesan para pengurban untuk Idul Adha 1442 H/2021.

“Ini amanah jemaah dan merupakan spirit berbagi ditengah pandemi Covid-19.  Pembagian qurban ini menjadi kebahagiaan bersama ditengah kesulitan perekonomian masyarakat yang tengah menghadapi Pandemi,”ungkap Ketua Langgar Mustaqim, Syaiun H Roni (61) kepada jambidaily.com, Selasa, (20/07).

Dia bersyukur, meski harus mengikuti Prokes Ketat ditengah pelaksanaan PPKM, pihaknya dapat mengumpulkan hewan Qurban dari Jemaah; dua ekor sapi, satu kerbau dan tujuh kambing.

“Kami panitia sangat bersyukur dan berterima kasih masih banyak saudara-saudara kita jemaah Langgar Mustaqim bisa berbagi ditengah pandemi saat ini,”terang pria akrab disapa warga Pak Imam ini.

Diceritakannya, kehadiran Langgar Mustaqim dan budaya arisan hewan Qurban ini sejak tahun 1950 yang saat itu didirikan dan dikelolah orangtuanya H Roni.  Dan sejak tahun tersebut, berbagai kegiatan keagamaan aktif dilaksanakan termasuk arisan hewan qurban untuk setiap Idul Adha.

“Waktu itu, langgar kita masih sangat sederhana didirikan diatas tanah wakaf orang tua saya (H Roni) dan telah melaksanakan kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat,”ungkapnya.

Dan seiring waktu H Roni terus mendidik anak-anaknya pendidikan agama agar dapat melanjutkan amanah mengelola langgar ini terus menghidupkan syiar agama ditengah-tengah masyarakat.  Dan Alhamdulillah hingga kini langgar Mustaqim terus terawat dan terus melaksanakan amanah orang tua kami.

“Saya putra keenam dari 8 saudara,”ungkap pria yang selalu ramah ini.

Diceritakannya, sejak Pandemi Covid-19 melanda negeri kita sejak tahun lalu, dalam peribadatan langgar mustaqim mengikuti dan mendukung program-program pemerintah dalam mensosialisasi Prokes Covid-19.

BACA JUGA:  Pandemi, SAH Budayakan Baksos dan Penguatan Spirit Politisi Gerindra

“Kita menyiapkan masker dan tempat mencuci tangan untuk para jemaah.  Serta terus menyemangati jemaah untuk berdoa sepenuh hati agar pandemi Covid-19 segera berlalu dari tanah air kita.  Disaat ini kita perlu memperkuat Imun, menjaga Prokes dan terus berdoa,”harapnya.

Sementara itu, salah satu jemaah, Ny Aminah (54) menyampaikan ungkapan terima kasih atas pembagian hewan qurban untuk dirinya dan keluarga.

“Ini sangat membahagiakan kita semua,”ungkapnya.

Diakuinya, dengan kondisi saat ini semua kegiatan peribadatan dan kegiatas sosial harus mengikuti prokes.

“Semoga Pandemi segera berlalu,”harapnya.

Sekedar mengingatkan disamping mengikuti vaksin, kita juga harus terus menjaga prokes 5 M; Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas yang tidak perlu.

( Hery FR)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *