22/09/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dirjen Kebudayaan Buka Pamonaspati 2021, Aktris Teater Asal Jakarta dan Manado Tampil Dahsyat

3 min read

Melva dalam peran Maria/Foto: jambidaily.com

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Pergelaran Parade Monolog Nasional Pelaku Teater Indonesia (Pamonaspati) 2021 khusus penutup dan malam pertama menyajikan dua pergelaran, diperankan aktris asal Jakarta dan Manado Provinsi Sulawesi Utara, yang berhasil mengundang senyum ceria dan menguras air mata penonton (Selasa, 17/08/2021).

‘Ngrumpi’ Karya dan Sutradara: Rudolf Puspa dari Teater Keliling Jakarta. Greta Mulyosantoso mampu mengundang tawa, senyum-senyum sendiri para penonton karena dekatnya peristiwa dan kondisi terkini yang ada di Indonesia. Terurama tepat di momen perayaan HUT RI Ke-76.

Mengambil latar di alam terbuka, penonton dibawa dalam rasa sesungguhnya, ngerumpi dengan teman maupun kerabatnya “Orang muda tokoh cerita ini sedang bicara sendirian meluapkan apa saja yang sedang melintas di pikiran atau perasaannya. Kadang antar alinea nggak ada keterikatannya. Ia pun kadang merasa heran apa dia bicara menjadi peran atau sebagai dirinya. Apalagi jika ditanya apa temannya, pesannya. Namanya juga ngrumpi mana ada pakai tema. Namun yang pasti ia hari ini sedang merasakan arti kemerdekaan bangsa 17 agustus 1945,” Tulis Teater Keliling dalam Sinopsis cerita.

Lalu ‘Maria’ karya dan sutradara: Achi Breyvi Talanggai, dari Isbima Manado Provinsi Sulawesi Utara, menguras air mata mengisahkan tentang sosok Maria Walanda Maramis, salah satu pejuang perempuan tentang pendidikan keterampilan perempuan Indonesia.

Melva Kembuan, berhasil tampil apik dan menguras emosional dalam perannya sebagai sosok Maria, berbicara emansipasi seorang perempuan “Anda mencoba mempertanyakan keberadaan saya dalam Volksraad ini? siapa saya? saya perempuan!”

Pamonaspati diselenggarakan Yayasan Pelaku Teater Indonesia (PTI) dengan menggandeng Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudrisdikti) RI.

BACA JUGA:  Lembah Harau Yang Memukau di Minangkabau

Perhelatan Pamonaspati 2021 akan digelar Sejak Hari ini (Selasa, 17/08/2021 hingga hingga 15 September 2021. Sebanyak 30 pementasan dari seluruh daerah di Indonesia, yang akan tayang secara virtual setiap pukul: 19.30 Wib di Chanel Youtube Pelaku Teater Indonesia.

“Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Kebudayaan beserta jajaran yang telah mendukung Yayasan PTI dalam Pamonaspati 2021 serta seluruh pembina, pengawas, pengurus PTI serta panitia pelaksana dan sahabat dimanapun berada. PTI adalah sebuah wadah antar pelaku teater di Indonesia yang baru saja lahir sebagai lembaga berbadan hukum yayasan. Semoga keberdaan PTI dapat bermanfaat untuk masyarakat,” Ungkap Adipati Lawe, Ketua Umum PTI.

“Saat ini PTI sudah memiliki 28 perwakilan koordinator daerah di setiap provinsi. Sebulan monolog ini dalam bingkai pamonaspati dengan harapan dapat menjadi angin segar dan imun masyarakat dalam mengarungi pandemi covid-19. Dan saat ini bertepatan dengan hari kemerdekaan bangsa Indonesia, adalah momen yang tepat meningkatkan semangat untuk berkarya, berkarya dan berkarya. Serta jangan lupa patuhi protokol kesehatan, selamat menyaksikan Pamonaspati 2021,” Pungkasnya.

Sementara itu, Hilmar Farid, Direktur Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudrisdikti) RI sampaikan apresiasinya kepada PTI atas inisiasi Pamonaspati 2021 serta membuka secara resmi.

“Terima kasih kepada PTI untuk inisiasinya kegiatan ini, Pamonaspati. Saya kira ini bentuk terobosan untuk kembali menghidupkan kegiatan teater di Indonesia melalui komunikasi digital. Tentu kita lakukan karena mengingat situasi pandemi yang membatasi kemungkinan kita untuk bertemu secara langsung, tetapi secara bersamaan keadaan ini membuat kita memikirkan inovasi dan cara kreatif untuk terus berkarya dalam menghadapi begitu banyak keterbatasan,” Terang Hilmar Farid.

BACA JUGA:  Kadiv Humas Polri: Pariwisata Alam Dibuka, TNI-Polri Siap Mengawal Protokol Kesehatan

“Berharap bahwa kegiatan pamonaspati bisa diikuti masyarakat luas dan menjadi sumber inspirasi baik dari segi bentuk maupun isi dan pengingat juga bagi masyarakat bahwa kebudayaan terus menyala dalam situasi sulit seperti ini. Dan akhir kata saya ingin membuka secara resmi kegiatan ini dengan izin semua yang hadir,” Tandasnya.

Bagi yang ingin menyaksikan Pamonaspati bisa melalui Channel Youtube Pelaku Teater Indonesia, dan berikut jadwal lengkapnya:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *