22/09/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

TMMD ke-112 Kodim 0416/Bute Resmi Dimulai

2 min read

JAMBIDAILY TEBO – Pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 di Kabupaten Tebo secara resmi dimulai, Rabu (15/9). TMMD dibuka langsung oleh Bupati Tebo, H Sukandar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tebo dengan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

Pembukaan ditandai dengan penandatanganan kerjasama dan penyematan secara simbolis kepada perwakilan Satgas TMMD.

Bupati Tebo, H Sukandar ¬†menegaskan Pemkab Tebo mendukung pelaksanaan TMMD di wilayahnya, khususnya wilayah teritorial Kodim 0416/Tebo. “Pemkab Tebo tentunya mendukung TMMD yang dilaksanakan serentak di Indonesia. Ini menjadi program terpadu lintas sektoral sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan”, tegasnya.

Ia menilai, TMMD menjadi komitmen moral TNI terhadap masyarakat yang rutin setiap tahun dilaksanakan. “Has dari Kemanunggalan TNI dengan masyarakat ini telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Mulai dari program pemberdayaan masyarakat terutama penanganan dan pembangunan infrastruktur. “TMMD ini menjadi basis kekuatan sehingga perlu semangat dan kesungguhan seluruh pelaku mulai dari unsur pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat,” jelasnya.

Dengan Kemanunggalan TNI bersama Rakyat, diharapkan mampu terwujud ketahanan masyarakat di wilayah di Tebo. “Tentunya partisipasi masyarakat diharapkan. Karena hasil TMMD akan sangat berguna dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Semoga bisa benar-benar maksimal,” pungkasnya.

Sebelumnya, Komandan Kodim 0416/Bute selaku Dansatgas TMMD 112 Kodim 0416/Bute, Letkol Inf Arianto Maskare Subagio mengatakan kegiatan TMMD ke-112 di Kabupaten Tebo dilaksanakan di Desa Kunangan, Kelurahan Sungai Bengkal, Kecamatan Tebo Ilir selama 30 hari mulai tanggal 15 September -14 Oktober 2021 dengan melibatkan 150 personel yang terdiri dari unsur TNI sebanyak 125 orang, Polri 10 orang dan Unsur Pemda 15 orang.

Lebih lanjut Dansatgas menjelaskan untuk sasaran pokok yang menjadi program TMMD kali ini, yaitu pembukaan jalan baru sepanjang 10,2 kilometer dengan lebar 12 meter, yang menghubungkan dua desa yang akan bermanfaat untuk jalan pertanian.

BACA JUGA:  Panglima TNI Hadiri Penganugerahan Tanda Kehormatan Kepada 71 Orang Tokoh

Kemudian pembangunan Gorong-gorong 80 Cm 6 Titik, Pembuatan Lapangan Bola Volley dan Bola Kaki, di Kel. Sungai Bengkal, Rehab Masjid Al-Muhajirin dan Tempat Wudhu di Kel. Sungai Bengkal, Rehab Sekola SD Pembantu di Kel. Sungai Bengkal.

Pembuatan MCK di SD Pembantu Kel. Sungai Bengkal dan Rehap Rumah Tidak Layak Huni 1 unit, rumah Guru Honor SD Pembantu an. Ibu Herlina Susianti Sianipar di Kel. Sungai Bengkal.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik, berupa penyuluhan wawawasan kebangsaan, pendidikan, narkoba, pertanian, hukum, peternakan dan perikanan, kesehatan, stanting dan yang lainnya., papar Letko Arianto. (**/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *