22/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Ketua Tim Lomba Binter Tinjau UMKM Rumah Tenun Binaan Babinsa

2 min read

JAMBIDAILY – Dalam rangka penilaian lomba Binter tingkat Pusat tahun 2021, Kodim 0415/Jambi, pada hari ke dua, Ketua Tim Lomba Binter Pusterad Kolonel Inf Yoyo Subrolarang di dampingi Dandim 0415/Jambi Kolonel Inf J Hadiyanto meninjau Produk unggulan UMKM Rumah Tenun Binaan Babinsa di Kecamatan Danausipin dan Budidaya Ikan Nila Kerambah Apung di Kec. Danau Teluk.

Demikian disampaikan Danramil Telanaipura Kodim 0415/Jambi, Mayor Inf Widi Purwoko kepada awak media jambidaily.com, melalui pesan WhatsApp, Selasa (21/9/2021) sore.

Lebih lanjut, Mayor Widi mengatakan bahwa kreativitas dan inovasi mempunyai peranan yang penting dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Banyak kesuksesan yang diraih oleh pengusaha/pebisnis diawali dengan kreativitasnya menemukan inovasi pengembangan produk-produk bisnisnya.

Jika pebisnis mampu memaksimalkan kreativitas untuk melahirkan sebuah inovasi, maka bisnis yang dikelola akan mampu pula tampil berbeda dibandingkan dengan bisnis serupa lainnya.

Materi inilah yang ditekankan oleh Babinsa Koramil 415-09/ Telanaipura kepada warga binaannya. “Dalam rangka mengembangkan kreativitas dan mendukung keberadaan UMKM khususnya di wilayah Legok, kemandirian warga harus selalu dilatih dan dibangkitkan” ujar Widi.

Keberadaan rumah tenun sebagai sentra pengembangan batik Jambi diperuntukkan bagi warga sebagai pusat edukasi dan menggali potensi sumber daya ekonomi masyarakat setempat dengan memperhatikan kearifan lokal.

“Diharapkan warga sekitar Danau Sipin mau memanfaatkan fasilitas yang tersedia dan memiliki kreativitas untuk dapat meningkatkan perekonomiannya.” tutur Mayor Widi.

Dikatakannya, Koramil Telanaipura melalui Babinsa terus mengembangkan dan melatih kemandirian warga sekitar Danau Sipin agar tetap tegar menghadapi kesulitan hidup ditengah pandemi covid-19 melalui pengembangan kreativitas dengan mengembangkan produk batik di rumah tenun ini.

Kreativitas dan kemandirian warga di rumah tenun harus selalu ditingkatkan guna menjadikan kemampuan menciptakan sesuatu hal yang baru, sehingga perekonomian warga dapat ditingkatkan karena warga dengan sendirinya mampu menghasilkan produk-produk baru yang dapat bersaing dengan produk lainnya.

BACA JUGA:  Ungkapan Hati Warga Desa Labuhan Pering, Usai TMMD Ke-108 Kodim Tanjab

Kemandirian, keuletan, keseriusan dan sikap konsisten menjadi kunci utama kesukseskan dalam menjalankan bisnis pengembangan batik yang selalu dikembangkan di rumah tenun dan sentra batik di Legok ini, imbuhnya.

Saat Ketua Tim Kolonel Inf Yoyo Subrolarang meninjau Produk unggulan UMKM Rumah Tenun Binaan Babinsa di Kecamatan Danausipin, beliau merasa puas karena Babinsa sudah mampu meningkatkan kegiatan bidang teritorial dengan baik.

“Kita ingin lomba Binter Tingkat Pusat tahun 2021 dapat meningkatkan kegiatan bidang teritorial baik oleh Makodim, Koramil sampai dengan paling bawah tingkat Babinsa,’ ujar Kolonel Yoyo.

Sesuai dengan harapan pimpinan Atas, bahwa program latihan-latihan teritorial khususnya Babinsa telah dilaksanakan seperti membina masyarakat para pelaku industri-industri kecil UMKM, serta kerajinan.

“Melalui kegiatan ini kami berharap dapat meningkatkan kegiatan bidang teritorial khususnya yang dilaksanakan baik oleh Makodim, Koramil sampai dengan paling bawah tingkat Babinsa,” terangnya. (**/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *