16 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peserta Wajib Prokes di Area Seminar Tradisi Lisan FKIP Universitas Batanghari

2 min read

Saat Seminar Berlangsung (Jum'at, 29/10/2021)/Foto: Jambidaily.com

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Dalam rangka memperingati bulan bahasa ke-93 Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMA PS-PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari, menggelar seminar sehari dengan menjaga protokol kesehatan covid-19 bagi peserta.

Pantauan jambidaily.com (Jum’at, 29/10/2021) di ruang Aula A Universitas Batanghari (Unbari) Jalan Slamet Riyadi-Kota Jambi, Provinsi Jambi, ada 125 orang peserta tertib menggunakan masker dengan duduk yang memiliki jarak sesuai prokes covid-19.

“Ada 125 peserta, kami mematuhi dan menjaga ketentuan prokes dalam kegiatan seminar ini, wajib masker, kami sediakan handsanitizer, serta jarak duduk yang memenuhi standar,” Jelas Dewa, selaku narahubung kegiatan.

Seminar mengangkat tema “melalui peringatan bulan bahasa kita martabatkan bahasa Indonesia dan jaga tradisi lisan lisan Melayu Jambi” dipandu Dra.Erlina Zahar,M.Pd, Ketua Prodi PBSI FKIP Universitas Batanghari, menghadirkan narasumber Dr.Hj.Ade Rahima,M.Hum, Nukman SS,.M.Hum dan Deky Syahputra ZE,M.Hum.

Dekan FKIP Universitas Batanghari, Dr.H.Abdul Gafar,M.Pd dalam sambutannya mengingatkan peserta bahwa sumpah pemuda menjadi tonggak dan harus dipertahankan “Sumpah pemuda itu menjadi tonggak dalam bahasa Indonesia, apa yang dilakukan sebagai mahasiswa? salah satunya adalah seminar hari ini,” Ungkap

“Apa penerapannya? kita gunakan pedoman bahasa Indonesia yang terbaru, pedoman umum ejaan bahasa Indonesia No.50 tahun 2015, dinyatakan segala sesuatu pedoman penggunaan bahasa Indonesia sebelum tahun 2015 tidak berlaku lagi,” Tegas Abdul Gafar.

“Saya mewakili rektor Unbari, semoga sukses seminar ini. Saya bangga pada mahasiswa prodi Bahasa Indonesia. Harus diperbanyak kegiatan seperti ini, seminar resmi saya buka dengan mengucapkan basmallah,” Imbuhnya mengakhiri kata sambutan.

Menariknya pada rangkaian seminar, juga diwarnai pergelaran tradisi lisan yang dikemas dengan musik dan permainan tradisional melayu Jambi, persembahan dari Sanggar Saatra dan Hima PS-PBSI ” Tradisi lisan Permainan Anak di kolaborasi dengan MP Dendang Budak Tuan Tambang Karya Titas Suwanda,” Tandas Dewa.(*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 1