29/11/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Program Gampong Berdaya Tampur Paloh Raih Penghargaan Internasional

2 min read

JAMBIDAILY TAIPEI – Subholding Upstream Pertamina kembali meraih Penghargaan Internasional pada ajang Global Corporate Sustainable Award (GCSA) yang diselenggarakan oleh Alliance for Sustainable Development Goals (ASDGs) bekerja sama dengan Taiwan institute Sustainable Energy (TAISE) (17/11).

Penghargaan diserahkan oleh Vice President of the Republic of China (Taiwan) Dr. Lai Ching-te kepada Subholding Upstream Pertamina yang diwakili oleh Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei, Budi Santoso dalam acara Global Corporate Sustainability Forum di The Grand Hotel Taipei.

“Kami sangat bangga Subholding Upstream Pertamina kembali meraih penghargaan ini, kami berharap penghargaan ini dapat menjadi dorongan untuk terus meningkatkan kinerja keberlanjutannya di masa mendatang, serta memacu perusahaan-perusahaan lain di Indonesia untuk dapat bersaing di kancah global,” ungkap Budi usai menerima penghargaan.

Penghargaan GCSA yang diterima oleh Subholding Upstream Pertamina implementasi Program Program CSR dalam aspek Community Involvement & Development (CID), yaitu Program Gampong Berdaya Tampur Paloh (The Empower Gampong Paloh Program) yang dijalankan Pertamina EP Rantau Field yang merupakan bagian dari Regional Sumatera Subholding Upstream.

Penilaian dilakukan secara selektif, terukur, dan komprehensif mencakup detail program, strategi dan objective, sinergi/kemitraan, dampak program, tingkat keefektifan dan aspek keberlanjutan, capaian dan outcome program, dukungan terhadap Sustainable Development Goals (SDGs), serta leadership.

GCSA memiliki kredibilitas tinggi dengan menghadirkan panel Judges/dewan juri GCSA 2021 yang merupakan para experts dalam bidang CSR & Sustainability dari kalangan profesional, praktisi maupun akademisi di tingkat internasional.

Di tempat terpisah Corporate Secretary Subholding Upstream Pertamina, Arya Dwi Paramita mengungkapkan penghargaan ini adalah bentuk pengakuan internasional terhadap Program CSR dalam aspek Community Involvement & Development (CID) yang dijalankan Pertamina Pertamina, khususnya bagi Subholding Upstretam di Wilayah Kerja Pertamina EP Rantau Field.

BACA JUGA:  Pecah Rekor Lagi! Kasus Positif Corona di RI 28 Agustus Bertambah 3.003

‘’Program Gampong Berdaya Tampur Paloh berhasil mengembangkan Magnet Edukasi dengan pengembangan pendidikan di tingkat lanjutan (SMP dan SMA) di Tampur Paloh, yang juga dirasakan manfaatnya di 3 desa sekitarnya. Peningkatan tingkat pendidikan masyarakat secara tidak langsung berhasil menurunkan angka pernikahan anak secara signifikan, hingga pada 2021 hingga November ini tidak ada kasus pernikahan anak di Tampur Paloh,’’ jelas Arya.

Implementasi Program CID ini merupakan salah satu bagian dari penerapan kinerja aspek Environmental, Social & Governance (ESG) untuk berkontribusi terhadap pencapaian SDGs. Program Gampong Berdaya Tampur Paloh telah mendukung pencapaian SDGs pada Tujuan 2 Tanpa Kelaparan, Tujuan 4 Pendidikan Berkualitas dan Tujuan 5 Kesetaraan Gender serta Tujuan 9 Industri, Inovasi dan Infrastruktur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *