26/05/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Bupati Batanghari Tegaskan Seluruh Kades Segera Data Warga Yang Belum Memiliki Sertifikat

2 min read

JAMBIDAILY BATANGHARI – Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief, baru-baru ini menegaskan agar seluruh Kepala Desa di wilayah Kabupaten Batanghari segera mendata warga yang belum memiliki sertifikat. Baik itu sertifikat tanah dan kebun. “Saya minta agar para Kades segera data warga yang belum memiliki sertifikat,” kata Bupati dalam sambutannya pada acara MoU pihak PT Asian Agri dengan masyarakat desa Bulian Jaya baru-baru ini.

Bupati menyebutkan bahwa, dengan adanya sertifikat tersebut, warga bisa mengajukan pinjaman modal ke Bank untuk usaha dan lainnya. “Salah satu cara untuk maju itu harus mempunyai usaha sampingan. Nah, dengan sertifikat, warga bisa membuka usaha rumahan bermodal kecil untung besar. Setidaknya, adanya usaha sampingan selain berkebun. Hasil usaha bisa ditabung, hasil kebun untuk makan sehari-hari dan keperluan lainnya,”ujar Bupati.

Selain itu, Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengatakan, pada saat mendata warga yang belum memiliki sertifikat, para petugas pendata harus teliti dalam mendata. “Data yang di masukkan jangan sembarangan. Petugas pendata harus teliti, takutnya tanah sudah terjual ke orang lain di masukkan juga dalam pendataan,”tegas Bupati.

Khusus warga desa Bulian Jaya Kecamatan Maro Sebo Ilir, Bupati berharap agar warga segera lakukan kerjasama dengan pihak Perusahaan setempat dalam mengelola kebun warga. Bupati menegaskan, Kades Bulian Jaya diminta sosialisasikan kepada masyarakat setempat untuk Replanting sawit warga yang bekerjasama dengan pihak perusahaan.

“Sawit yang sudah tua, produksinya tidak normal lagi. Cara terbaik harus di lakukan Replanting (peremajaan Sawit). Untuk itu, bekerjasama dengan pihak perusahaan. Mereka yang melakukan Replanting nya. Ketika sawit sudah produksi, TBS sawit harus dijual ke perusahaan tersebut. Kalau warga tetap bertahan tidak ingin dilakukan replanting sawit, saya yakin ratusan hektar sawit tua tidak akan ada hasil. Sebab, bibit sawit yang dahulu dengan sekarang sangat beda sekali. Sekarang bibit sawit menghasilkan buah yang berbobot. Lahan kecil saja bisa menghasilkan produksi buah terbaik,”tutupnya.(hur)

BACA JUGA:  Sambut Sekolah Tatap Muka, Asian Agri Bantu Renovasi Ruang Kelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :