14 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peringatan Isra Mi’raj SMANSA Dilaksanakan di Lapangan Basket

2 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Peringatan Isra Mi’raj tahun 1443 M / 2022 SMA Negeri 1 Jambi berlangsung secara sederhana. Pelaksanaannya di tempat terbuka yakni, di lapangan Basket sekolah favorit di “Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah” Kota Jambi, Jumat (4/3/2022).

Tema yang diusung “Isra Mi’raj Sarana Meningkatkan Keimanan dan Menerapkan Ajaran Sholat dalam kehidupan” dengan penceramah Hariyansyah Achmad, LC.,MA.

Menurut Karnama, S.Pd. Wakil Kesiswaan, meski dalam keadaan pandemi Covid-19 peringatan Isra Mi’raj tetap dilaksanakan. Karena ini merupakan agenda kegiatan OSIS SMA Negeri 1 Jambi. Tujuannya untuk meningkatkan Iman dan Taqwa seluruh warga sekolah.

“Kita tetap mematuhi protokol kesehatan dan pelaksanaannya di lapangan Basket. Biasanya dalam normal dilaksanakan di Masjid terdekat lokasinya dari sekolah,” kata Karnama.

Sementara itu, Drs. Anwar Musaddad, M.Pd. Kepala SMA Negeri 1 Jambi dalam kata sambutannya mengatakan, Nabi Muhammad SAW secara lahiriah memang manusia biasa, namun beliau memiliki keistimewaan yang tak dimiliki manusia manapun di dunia.

“Mereka para nabi adalah manusia biasa artinya dari jenis manusia bukan malaikat bukan Tuhan akan tetapi berbeda dengan manusia sebab keistimewaan yang tak seorang pun manusia menyerupai. Begitu juga dengan Nabi Muhammad beliau penghulu alam semesta. Hal ini banyak bukti dalam Al-Qur’an,” ujar Anwar Musaddad.

Lanjut Anwar, ia mengingatkan kepada seluruh siswa agar belajar dengan giat dan sungguh-sungguh. Setiap nilai dari semester satu sampai lima mempunyai arti untuk masuk ke perguruan tinggi. Khususnya untuk Seleksi Nilai Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan sekolah kedinasan.

“Tidak ada lagi perubahan nilai jika sudah masuk kerapor. Semua nilai sudah online, artinya nilai yang sudah masuk ke dapodik sudah terkunci. Karena itu, tidak ada lagi orang tua maupun murid untuk menemui saya dan guru untuk mengubah nilai,” pungkas Anwar.

Ustadz Hariyansyah Achmad, LC.,MA. inti dalam tausiyah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW mengatakan, Isra Mi’raj merupakan momentum yang pas bagi kita untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Karena melalui Isra Mi’raj kita wajib untuk melaksanakan Sholat 5 waktu dalam sehari semalam.

“Sholat inilah yang membedakan kita Umat Nabi Muhammad SAW dengan umat lainnya. Perintah Sholat sudah jelas. Untuk itu mari bersama-sama mendirikan Sholat 5 Waktu berjama’ah,” jelas Hariyansyah Achmad

Lanjutnya, sebagai umat Islam kita wajib menjalankan perintah Allah yakni melaksanakan Sholat 5 waktu dalam sehari semalam. Sedangkan hubungannya dalam aspek sosial dijelaskannya bahwa dengan mendirikan Sholat 5 waktu.

“dengan demikian bisa membentuk pribadi yang lebih baik, artinya bisa bersosial dan berinteraksi terhadap sesama karena dengan Sholat bisa mencegah perbuatan keji dan munkar,” pungkas Hariyansyah Achmad. (SB)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 3