15 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

SMANSA Doa Bersama Sambut Ramadhan dan Ujian Sekolah Kelas XII

3 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Seharusnya melaksanakan doa bersama menyambut bulan Ramadhan dan Ujian sekolah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Jambi dilaksanakan di lapangan Basket. Namun hujan rintik-rintik mengguyur Kota Jambi pagi hari, kegiatan dipindah di Auditorium SMA tertua di Provinsi Jambi (31/03/2022).

Menurut Karnama, S.Pd. Wakil Kesiswaan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan agenda sekolah dan OSIS. Selain doa bersama menyambut bulan suci Ramadhan sekaligus Ujian sekolah kelas XII. Sebelumnya Kelas XII melaksanakan sholat Subuh bersama.

“Agar menghadapi bulan Ramadhan keluarga besar SMA Negeri 1 Jambi diberi kesehatan serta siswa kelas XII tanpa hambatan melakasanakan ujian akhir,” kata Karnama.

Lanjutnya, mengingatkan siswa kelas XII segera mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Juga mengingatkan siswa yang diterima melalului jalur Seleksi Bersama Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBNMPTN) melapor lewat web sekolah yang sudah diberikan.

“Sementara baru 21 orang yang melapor. Mereka yang diterima diberbagai perguruan tinggi terkenal di Indonesia. Adapun kegunaan laporan tersebut, buat akreditasi sekolah,” jelas Karnama.

Sementara itu Haikal Pranata, salah seorang siswa yang diterima lewat jalur SBNMPTN) mengatakan, ia sangat gembira dan bangga karena diterima di Universitas Diponogoro Semarang. Ia mengajak kepada teman-teman, agar menjalin kerjasama dan kebersamaan meski nanti sudah tidak berada di sekolah ini.

“Terima kasih kepada seluruh guru yang telah mendidik kami selama 3 tahun. Jasa Bapak/Ibu selalu terpatri disanubari kami,” kata Haikal.

Drs. Anwar Musaddad, M.Pd. Kepala SMA Negeri 1 Jambi dalam sambutan mengatakan, agar seluruh guru dan tenaga administrasi sekolah lebih peduli terhadap kegiatan yang dilaksanakan pihak sekolah.

“Saya harap warga sekolah peduli dengan kegiatan yang diadakan tempat kita bekerja.Karena kita merupakan bagian dan personil sekolah,” jelas Anwar.

Lanjutnya, ia mengucapkan selamat kepada siswa yang telah diterima sebagai mahasiswa lewat jalur SBMNPTN. Jika sudah lulus ujian akhir nanti, harus menyelesaikan administrasi sekolah. Mari kita sambut bulan Ramadhan dengan rasa syukur. karena kita masih dipertemukan dengan bulan penuh berkah

“Alhamdulillah kita masih dipertemukan dengan bulan penuh berkah dan ampunan. Karena ada orang-orang dekat kita sudah dipanggil oleh Allah SWT. Semoga seluruh warga SMANSA diberi kesehatan dan kekuatan menjalankan ibadah puasa,” pungkas Anwar Musaddad.

Sementara itu Ustadz Muhammad Yusuf, LC., M.Pd. I dalam tausiyahnya mengatakan, Tidak lama lagi kita akan kedatangan tamu yang mulia, yakni bulan suci Ramadhan yang senantiasa dirindukan kedatangannya dan disayangkan untuk kepergiannya. “Ya Allah berkatilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan” (HR. Ahmad & At-Tabrani).

“Persiapan disini yangdimaksud bukan hanya menunggu datangnya bulan suci Ramadhan saja akan Tetapi jugamempersiapkan bekal untuk di bulan suci Ramadhan. Tujuan mempersiapkan bekal ini bermaksud untuk mengoptimalkan ibadah kita,” jelas Muhammad Yusuf.

Akhir tausiahnya Muhammad Yusuf juga menyampaikan “Ibadah lain juga harus dipersiapkan seperti perbanyak tilawah, qiamulail, shalat fardhu bejamaah di masjid, Al-Ma’tsurat kubra pagi dan petang.

“Semoga persiapan kita mengantarkan ibadah shaum dan berbagai ibadah lainnya, sebagai yang terbaik dalam sejarah Ramadhan yang pernah kita lalui,” tutupnya.(SB)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

45 + = 47