16/08/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

SMANSA Adakan Sholat Subuh Bersama

2 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Jambi mengadakan sholat Subuh bersama di Mushola sekolah favorit “Sepucuk Jambi Sembilan Lurah” Provinsi Jambi (Kamis 31 Maret 2022).

Menurut Sy. Marlina, S.Ag. guru Mata Pelajaran Islam SMA Negeri 1 Jambi, kegiatan Sholat Berjamaan ini diikuti khusus kelas XII. Karena dalam waktu dekat ini mereka akan menghadapi Ujian Akhir serta akan meninggalkan sekolah jika mereka lulus.

“Khusus kelas XII saja. Setelah Subuh berjamaah, Kepala Sekolah memberi tausiyah,” jelas Sy. Marlina.

Drs. Anwar Musaddad, M.Pd. Kepala SMA Negeri 1 Jambi usai sholat Subuh memberikan tausiyah yang intinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang Muslim agar kehidupannya mewujud menjadi kebahagiaan sesuai Alquran dan sunnah. Pertama, beriman dan beramal saleh, Selama Islam menyertai perbuatan, hati dan lisan seorang Muslim, maka dia diberikan kemakmuran.

“Karena Islam adalah ajaran yang paling lengkap dan terbaik, tertinggi dan paling terhormat,” jelasnya.

Lanjutnya, kedua Kejar kecukupan rezeki seorang hamba akan diberikan ujian oleh Allah SWT, baik itu dengan kemiskinan atau keberlimpahan harta. Kedua hal ini, bagaimana pun, pada hakikatnya adalah gangguan yang mewarisi rasa cemas dan sedih.

“Maka, siapapun yang menghendaki kebaikan dan kemakmuran, Allah SWT akan mencukupi kebutuhannya. Nabi Muhammad SAW sendiri berdoa agar Allah SWT mencukupkan keluarganya dengan sesuatu yang mencukupi mereka,” ungkap Anwar.

Berikutnya bersyukur, yakinlah terhadap apa yang telah Allah SWT tetapkan. Sebab terkadang ada seorang Muslim yang hidupnya sudah cukup tetapi merasa tidak puas dengan apa yang telah diberikan Allah SWT.

“Jadi kita harus bersyukur. Orang akan terus-menerus gelisah dan marah serta siang dan malam selalu mengeluh tentang ketetapan Allah SWT. Dirinya sibuk meminta tambahan. Ciri orang yang miskin hati dan jiwa,” terang Anwar.

BACA JUGA:  KPK - IPB Sepakat Perkuat Kerja Sama Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi

Tambahnya mengenai Sholat Subuh di Turki seperti Sholat Jumat dinegara kita. Jamaahnya sangat ramai, Masjid penuh. “Kalau kita Subuh kita jamaahnya sepi,” tambah Anwar.

Anwar Musaddad menjelaskan pahala berpuasa bulan Ramadhan. Ramadan memiliki keutamaan yang sangat besar. Di bulan suci ini umat Islam berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

“Bau mulut yang disukai Allah SWT, doanya mustajab, sebagai tameng dari setan, mendapat ampunan dari Allah SWT, menjadi orang bertaqwa, mendapatkan surga Ar-Rayan, mendapatkan pahala khusus. Itulah keutamaan berpuasa Ramadhan yang bisa kamu raih,” ungkapnya.

Terakhir, mengerjakan salat tarawih selain diampuni dosanya oleh Allah, juga terdapat beberapa keutamaan lain yaitu sebagai berikut, mendapat pahala seperti orang yang salat di Masjidil Haram, dihilangkan dari siksa kubur, dapat pahala 40 Tahun, diangkat 1.000 derajat, mendapat pahala 1.000 ibadah haji, doa akan dikabulkan, seperti mendapat pertolongan dari Allah, dan mendapat balasan surga.

“Mari kita laksanakan sholat tarawih. Sholat Tarawih cuma hanya sebulan dalam 12 bulan. Pahalanya begitu banyak, sayang jika dilewatkan,” tutup Anwar Musaddad mengakhiri tausiyahnya. (SB)

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :